PMI Kalteng Terima Akreditasi Kategori Utama, Menjadi Motivasi Untuk Kemanusiaan

IST/BERITA SAMPIT - Suasana penyerahan akreditasi.

PALANGKA RAYA – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kalimantan Tengah secara resmi diakreditasi oleh PMI Pusat mendapatkan kategori Utama. PMI Provinsi Kalteng telah menjalani proses akreditasi sejak tanggal 24 Oktober sampai dengan 27 Oktober.

Kategori Utama merupakan Kategori Akreditasi tingkat tertinggi dari PMI Pusat. Adapun tim yang ditugaskan oleh Palang Merah Pusat untuk menjadi asesor akreditas PMI Provinsi Kalteng yaitu Erna Cahyani dan Dedet Mulyadi.

Perwakilan Asesor PMI Pusat Erna Cahyani, mengatakan bahwa selain PMI Provinsi Kalteng, saat ini ada beberapa PMI tingkat Provinsi lainnya di Indonesia yang sedang menjalani proses akreditasi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam akreditasi tersebut melalui observasi, cek kelengkapan dan keabsahan dokumen/data serta wawancara kepada pengurus, staf, relawan PMR, KSR dan juga TSR yang ada di Kalteng.

Erna Cahyani menjelaskan ada beberapa grade nilai dalam akreditasi yaitu 0 – 20,00 (Kategori terakreditasi), Nilai 21 – 50,00 (PMI Pratama), Nilai >50,00 – <80,00 (PMI Madya), Nilai > 80,00 (PMI Utama).

BACA JUGA:   Dislutkan Gelar Rapat Anggota Tahunan

Ketua PMI Provinsi Kalteng Nuryakin mengatakan, bahwa ini menjadi pengalaman pertama PMI Provinsi Kalteng di akreditasi secara langsung oleh asesor dari PMI Pusat.

“Meskipun baru pertama, kita memang sudah menyiapkan berbagai kelengkapan akreditasi sejak beberapa bulan lalu bersama para pengurus dan staf agar memperoleh hasil optimal dan sangat membanggakan, kami PMI Provinsi Kalimantan Tengah dapat menampilkan performance terbaiknya dalam akreditasi dengan memperoleh skor yaitu 85,87 dan masuk Kategori PMI Utama,” ucapnya, Jumat 27 Oktober 2023.

Dengan hasil yang optimal tersebut, Ketua PMI yang juga selaku Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng tersebut menyampaikan bahwa ini salah satu prestasi yang tentunya sangat membanggakan untuk Provinsi Kalteng. Ia juga mengutarakan dengan adanya akreditasi utama ini semakin meningkatkan semangat dalam memperluas aksi – aksi kemanusian di seluruh Kalimantan Tengah nantinya.

BACA JUGA:   Wagub Kalteng Tegaskan, Kolaborasi Jadi Penentu Keberhasilan Tambak Udang BERKAH Sukamara

“Hasil dari akreditasi ini menjadi bagian penting agar layanan PMI Provinsi Kalimantan Tengah semakin optimal lagi kedepan dan mempertahankan hal – hal yang positif agar semakin maksimal melayani masyarakat Kalimantan Tengah. Tentunya, meskipun hasil akreditasi sudah keluar, kemudian tentu kami tidak langsung berpuas diri, Karena dari akreditasi selain ada hal yang positif, ada juga rekomendasi – rekomendasi dari asesor PMI Pusat yang bermanfaat agar layanan PMI Kalimantan Tengah semakin ditingkatkan lagi layanan kedepannya,” ungkapnya.

Nuryakin juga mengatakan bahwa rekomendasi tersebut sekaligus menjadi motivasi PMI Provinsi Kalteng agar layanan PMI untuk kemanusiaan semakin optimal dari sisi kualitas maupun kuantitas layanan, pungkasnya. (Hardi)