20 Murid Ikuti ANBK di SDN 1 Jemaras

IST/BERITA SAMPIT - Kegiatan ANBK di 1 Jemaras Kotim.

SAMPIT – SDN 1 Jemaras di Kecamatan Cempaga Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Kembali melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) gelombang 3.

“Hari ini, SDN 1 Jemaras sedang melaksanakan kegiatan ANBK secara Mandiri Online di sekolah kami,” ujar Kepala SDN 1 Jemaras, Andi Irwan Fahruzzain, Senin 30 Oktober 2023.

ANBK bertujuan untuk mengukur kompetensi dasar peserta didik sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Kompetensi dasar yang diujikan meliputi kemampuan literasi, numerasi, survey karakter, dan survey lingkungan belajar.

Lanjut Andi Irwan, kegiatan ANBK di SDN 1 Jemaras dilaksanakan dalam 3 sesi. Sesi 1-3 hari ini ANBK mata pelajaran (mapel) literasi dan survei karakter.

BACA JUGA:   Beasiswa Gerbang Mentaya Tuai Kritik Keras dari Kalangan Mahasiswa

“Besok tanggal 31 Oktober 2023 ANBK Mapel Numerasi dan survei lingkungan belajar,” jelasnya.

Dirinya berharap dengan adanya ANBK ini dapat memperbaiki mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik di SDN 1 Jemaras dan meningkatnya sarana, prasarana pendidikan berdasarkan hasil ANBK dan meningkatnya kualitas rapor mutu pendidikan dari tahun sebelumnya.

SDN 1 Jemaras mengikut sertakan 20 siswa. Untuk 10 orang siswa merupakan tambahan dari SD Swasta (SDS) Tunas Bangsa Desa Patai Kecamatan Cempaga.

BACA JUGA:   Menanti Keberanian Ketua Partai Jadi Penantang Petahana di Pilkada Kotim

“Total yang mengikuti ANBK sebanyak 20 siswa. Oleh 10 siswanya ada yang ikut menumpang di SDN 1 Jemaras pelaksanaan ANBK nya dari SDS Tunas Bangsa,” pungkasnya.

Sementara Kasi Kurikulum dan Penilaian SD Muhammad Noor Aqbar menyampaikan hari ini ada 146 SD yang melaksanakan ANBK ini secara serentak salah satunya SDN 1 Jemaras.

“Untuk gelombang 3 ini ada 146 SD yang melaksanakan ANBK secara serentak di Kotim,” jelas Muhammad Noor Aqbar.

(Ibra)