Terobosan Baru, Disperindagkop UKM Kobar Telah Menyusun Program Kalender Even UMKM Kobar 

IST/BERITA SAMPIT : Disperindagkop dan UMK Kobar, saat menggelar rapat penyusunan Calender baru UMKM Kobar.

PANGKALAN BUN – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Kotawaringin Barat, dalam rangka pembinaan pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), terus melakukan terobosan, salah satunya menyusun kalender even UMKM di Kobar.

Kepala Disperindagkop UKM Kobar Alfan Khusnaini mengatakan, guna menyusun kalender event UMKM itu , pihaknya melakukan rapat dengan seluruh Camat dan Lurah/Kepala Desa se Kobar. Dimana dalam rapat itu juga kelompok pelaku UMKM.

Dimana menurutnya, penyusunan kalender even UMKM ini, karena banyaknya masukan perihal event event yang berbarengan, sehingga berdampak pada pelaku UMKM lainnya seperti sepinya pengunjung.

“Rapat ini sengaja kami mengundang Camat  Lurah dan desa se Kobar, agar kami mengetahui agenda event event yang telah di rencanakan untuk tahun 2024 mendatang maupun yang telah berjalan, kegiatan rapat ini agar ada sinkronisasi, sehingga event event yang melibatkan pelaku UMKM, tidak berbarengan,” kata Alfan Khusnaini, Rabu 1 Nopember 2023.

BACA JUGA:   Launching Rekam Medik Elektronik RSSI Pangkalan Bun Diwarnai Buka Puasa Bersama

Menurut Alfan, penyusunan kalender event UMKM ini adalah agar ada Akselerasi pemberdayaan UMKM di Kobar, dalam pemberdayaan UMKM  pemerintah daerah Kobar selalu hadir, dimana dalam penyusunan kalender event UMKM ini melibatkan Camat dan Lurah, karena Camat dan Lurah merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah daerah yang bersentuhan langsung atas keberadaan UMKM.

“Dalam penyusunan kalender event UMKM ini, kemudian akan di perkuat oleh Surat Keputusan (SK) Bupati Kobar, sehingga dalam SK itu telah diatur jadwal event event UMKM, dengan harapan apabila event tidak berbarengan maka akan ada pemerataan pengunjung tentunya akan ada nilai tambah bagi pelaku UMKM itu sendiri,” ujar Alfan Khusnaini.

BACA JUGA:   Dirut Perumdam Tirta Arut Sapriansyah: Buka Puasa Bersama dan Pemberian Santunan Kepada Anak Yatim Sebagai Wujud Rasa Sukur

Dalam kesempatan itu Alfan mengharapkan, agar seluruh pelaku UMKM di Kobar ini bersatu dan kompak, tidak ada istilah persaingan, karena rejeki sudah di atur oleh Allah SWT.

“Pemerintah daerah Kobar telah berkomitmen dalam memberdayakan UMKM, selain penyusunan kalender event UMKM, kami juga telah menyusun rancangan Peraturan Bupati tentang kemudahan berusaha, memberikan perlindungan serta pemberdayaan UMKM di Kobar,” ungkap Alfan. (Man)