Porwada Kalteng, Wadah Menjaring Atlet Wartawan Tangguh dan Profesional dalam Bidang Olahraga

SYAHYUDI/BERITA SAMPIT - Peserta Porwada saat melakukan sesi foto bersama.

PALANGKA RAYA – Pekan Olahraga Wartawan Daerah (Porwada), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)
Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023, secara resmi digelar, Jumat 3 November 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari mulai dari tanggal 2 hingga 4 November 2023 ini, dihadiri oleh beberapa perwakilan wartawan dari setiap daerah di Kalimantan Tengah.

Beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan diantaranya, futsal, tenis meja, bulu tangkis, e-sport, catur, atletik, biliard, fotografi dan menulis berita.

Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran melalui Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Kalteng Sri Suwanto mengatakan, bahwa peran wartawan sangat strategis dalam pembangunan daerah, khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Salurkan Bantuan Beras kepada Warga Kobar

“Sebagai mitra Pemerintah, wartawan dapat menjadi corong penyambung informasi pemerintah kepada masyarakat luas, melalui pemberitaan, baik media cetak, elektronik, maupun daring, tanpa mengenyampingkan fungsi wartawan sebagai kontrol sosial,”ucapnya.

Namun demikian, dalam mengolah berita yang akan disajikan kepada masyarakat, diharapkan wartawan tetap berpegang teguh pada Kode Etik Jurnalistik dan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

“Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PWI Kalimantan Tengah atas prestasinya pada ajang Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas), di Malang, Jawa Timur, pada Nopember 2022 lalu, karena telah mampu mempertahankan peringkat tiga besar Nasional, dan mengharumkan nama Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila, Tanah Berkah, di kancah Nasional,”tambahnya.

BACA JUGA:   Kalteng Masuk 10 Besar Inflasi Terendah

Selain itu, ajang Porwada yang digelar kali ini menjadi momentum yang sangat strategis bagi PWI Kalimantan Tengah, untuk menjaring atlet-atlet wartawan yang tangguh dan profesional dalam bidang olahraga.

“Hal ini membuktikan, bahwa wartawan anggota PWI kalimantan tengah selain profesional dalam kerja jurnalistiknya, juga mampu menorehkan pretasi yang membanggakan dalam bidang lainnya, khususnya olahraga,”ungkapnya.(yud)