Pj Bupati Apresiasi Perangkat Daerah Pungut Pajak Gunakan Pembayaran Non Tunai

IST/BERITASAMPIT - Pj Bupati Seruyan Djainuddin Noor membuka acara Rapat Koordinasi Persiapan Penyusunan Raperbup tentang pajak daerah dan retribusi daerah sebagai tindak lanjut Perda tentang pajak daerah dan retribusi daerah tahun 2023.

KUALA PEMBUANG – Penjabat (Pj) Bupati Seruyan Djainuddin Noor membuka acara Rapat Koordinasi Persiapan Penyusunan Raperbup tentang pajak daerah dan retribusi daerah sebagai tindak lanjut Perda tentang pajak daerah dan retribusi daerah tahun 2023 sekaligus Launching Strategi Optimalisasi Pendapatan Daerah Melalui Ekstensifikasi dan Intensifikasi Basis Data Pajak atau Si Opah Eksis Baajak, di Aula Kantor Bupati Seruyan, Jumat 3 November 2023.

Rapat ini ini digelar untuk menyusun rancangan-rancangan Perkada pajak dan retribusi pada setiap perangkat daerah teknis, yang mendapatkan target PAD sekaligus launching inovasi Si Opah Eksis Baajak.

BACA JUGA:   Pj Bupati Seruyan Ikuti Rakor Inflasi Mingguan

Pj Bupati Seruyan dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan Rakor dan Launching Strategi Optimalisasi Pendapatan Daerah Melalui Ekstensifikasi dan Intensifikasi Basis Data Pajak.

“Inovasi ini merupakan kegiatan untuk mengoptimalkan semua potensi data pajak daerah dan retribusi Daerah kedalam bank data base pajak daerah di Kabupaten Seruyan, sehingga dengan adanya bank data pajak ini, potensi penerimaan daerah dapat ditetapkan lebih akurat,” ujarnya.

BACA JUGA:   Dorong Pengelolaan Keuangan Daerah yang Efisien, Efektif dan Transparan, Pj Bupati Seruyan Buka Bimtek

Selain itu, dia juga memberikan apresiasi kepada perangkat daerah yang telah melakukan pemungutan pajak daerah dan retribusi daerah, yang telah mulai menggunakan pelayanan berbasis aplikasi dan pembayaran non tunai (on line).

“Hal ini harus terus diupayakan guna meningkatkan transparansi dan optimalisasi pemungutan pajak daerah dan retribusi daerah sehingga pendapatan asli daerah bisa meningkat,” pungkasnya.