Wabup Kotim: Masyarakat Saat Ini Harus Serap Nilai-Nilai Perjuangan Pahlawan

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Bupati Kotim Irawati serta rombongan saat mengunjungi Taman Makam Pahlawan di Jalan Jenderal Sudirman Km8 Sampit.

SAMPIT – Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Irawati serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melaksanakan kegiatan tabur bunga di Taman Makan Pahlawan Batarung Jalan Jenderal Sudirman Km8 Sampit pada Peringatan Hari Pahlawan, Jumat 10 November 2023.

Irawati menyampaikan pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri.

BACA JUGA:   Lapak Pengepul CPO Ilegal di Sampit Menjamur, Disinyalir Terima Penggelapan

“Hendaknya masyarakat saat ini bisa mengambil nilai-nilai perjuangan pahlawan,” kata Irawati.

Ia menyampaikan para Pahlawan telah mengajarkan bahwa Indonesia bukan bangsa pecundang, yang tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah.

“Sebesar apapun ancaman dan tantangan, akan kita hadapi dengan tangan mengepal dan dada menggelora,” tegasnya.

Dengan hanya berbekal bambu runcing, para Pahlawan dalam Pertempuran 10 November menghadapi musuh yang merupakan Pemenang Perang Dunia dengan persenjataan terbaiknya.

BACA JUGA:   Korban Tenggelam di Sungai Mentaya Belum Ditemukan, Tim Gabungan Lakukan Pencarian Hingga Radius Lima Kilometer

Peristiwa 10 November secara singkat merupakan momen penting dalam menjaga dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang dikenal dengan sebutan Pertempuran Surabaya, peperangan yang terjadi antara tentara Indonesia melawan tentara Inggris yang terjadi pada 1945.

“Rakyat bergandeng tangan dengan para Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama berikut pengikutnya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu. Merdeka atau Mati,” pungkasnya. (Nardi)