Bupati Gumas Imbau jaga Keamanan dan Tahapan Pemilu 2024

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT - Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong.

KUALA KURUN – Indonesia sebagai negara yang berlandaskan prinsip demokrasi, menyelenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak sebagai sarana untuk memilih pemimpin yang berkualitas dan mampu memajukan daerah. Kabupaten Gunung Mas sebagai salah satu wilayah di Indonesia juga turut serta dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024.

“Saya mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga tahapan Pemilu serentak pada tahun 2024 antara lain pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi dan kabupaten/kota, DPD, serta calon Presiden dan Wakil Presiden,” ungkap Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong pada saat memberikan sambutan pada kegiatan Fokus Grup Discusion (FGD) tentang pembinaan dan pengawasan ormas, dalam rangka deteksi di̇ni̇ dan cegah di̇ni̇ untuk mewujudkan stabilitas keamanan di Kabupaten Gunung Mas, Jumat 17 November 2023.

BACA JUGA:   Upaya Pemerintah Dalam Menanggulangi Stunting di Gunung Mas

Dikatakannya, ada beberapa pihak yang harus ikut berperan aktif dalam mengawal tahapan Pemilu serentak tahun 2024, antara lain, pemerintah daerah, instansi vertikal, BUMN, BUMD, Ormas, dan masyarakat seluruhnya.

“Setiap individu dan lapisan masyarakat punya tanggung jawab mulai dari tingkat rumah tangga, RT, RW, desa, kelurahan, dan kecamatan hingga pada tingkat Kabupaten,” tuturnya.

Tentunya, pihak yang terlibat dalam Pemilu, harus memelihara keamanan di daerah masing-masing. Dengan menjaga keamanan, tahapan Pemilu dapat berjalan lancar tanpa adanya kerusuhan atau gangguan lainnya.

BACA JUGA:   Puluhan PNS di Lingkup Pemkab Gunung Mas Dilantik

“Dari hal kecil yang bisa kita lakukan adalah bisa mengajak masyarakat sekitar dan menyampaikan hal-hal yang bisa mencerahkan dan membuka wawasan mengenai demokrasi dan menjadi pengamat jika kita sudah memenuhi syarat sebagai pengamat,”sebutnya.

“Mari kita bersama-sama berperan aktif dalam menjaga tahapan Pemilu tahun 2024 agar bisa memelihara keamanan di daerah masing-masing, serta menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 dengan lancar aman, damai dan sejuk,” tutup dia.(Ale)