Dewan: Layanan Kesehatan Seharusnya Dapat Menjangkau Semua Wilayah

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kalteng Rusita Irma.

PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kalteng Rusita Irma menyampaikan, minimnya keberadaan tenaga kesehatan (nakes) di wilayah pelosok, membuat pelayanan kesehatan menjadi kurang maksimal.

Hal ini disampaikannya dalam setiap pelaksanaan reses, pihaknya sering kali menerima keluhan atau aspirasi dari masyarakat pelosok mengenai sulitnya mendapatkan pelayanan kesehatan karena disebabkan tidak adanya nakes di wilayah itu.

“Padahal persoalan kesehatan yang harus ditangani itu tidak hanya pada wilayah tertentu saja, misalya perkotaan tapi juga pelosok atau pedesaan. Namun, masih banyak desa yang bahkan tidak memiliki nakes,” ucapnya, Jumat 17 November 2023.

BACA JUGA:   Pembangunan Dari Pemerintah Harus Bisa Lebih Menyentuh Wilayah Pelosok

Ia menjelaskan, layanan kesehatan seharusnya dapat menjangkau semua wilayah termasuk pelosok atau pedesaan. Sebab, mengakses layanan kesehatan ini menjadi salah satu hak masyarakat dan wajib bagi pemerintah menyediakannya.

“Yang menjadi kesulitan masyarakat di pelosok itu yakni ketika ingin mendapatkan layanan kesehatan harus pergi jauh ke wilayah kecamatan atau ibu kota kabupaten, membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit,” lugasnya.

BACA JUGA:   Peran Aktif Pemda Mengoptimalkan Potensi Daerah Sangat Penting

Ia menambahkan, kendala lain yang dihadapi yaitu banyaknya wilayah pelosok yang tidak memiliki infrastruktur jalan dan jembatan memadai, kebanyakan desa dengan kondisi seperti itu menggunakan jalur sungai atau perahu mesin untuk bepergian keluar wilayahnya.

“Kondisi inilah yang harus diperhatikan dan dijadikan fokus, hak masyarakat agar mudah mengakses layanan kesehatan harus dipenuhi. Kendala maupun sebab penyebaran nakes tidak merata perlu solusi, sehingga kedepan layanan kesehatan bisa maksimal dan merata,” pungkasnya. (Hardi)