Pembinaan Ormas sebagai Sarana Meningkatkan Kinerja dan Akuntabilitas

IST/BERITA SAMPIT - Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong (tengah) saat mengikuti kegiatan FGD tentang pembinaan dan pengawasan ormas, dalam rangka deteksi di̇ni̇ dan cegah di̇ni̇ untuk mewujudkan stabilitas keamanan di Kabupaten Gunung Mas, Jumat 17 November 2023.

KUALA KURUN – Pemerintah Daerah Kabupaten Gunung Mas tengah membuat rancangan peraturan bupati (Perbup) tentang pembinaan dan pengawasan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas). Dimana rancangan Perbup tersebut masih dalam tahap evaluasi di Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah.

“Tujuan dibentuknya rancangan Perbup itu untuk memperkuat pengawasan dan pembinaan Ormas sehingga dapat berjalan secara efektif dan meningkatkan kinerja dan akuntabilitas Ormas,” ungkap Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong saat memberikan sambutan pada kegiatan Fokus Grup Discusion (FGD) tentang pembinaan dan pengawasan ormas, dalam rangka deteksi di̇ni̇ dan cegah di̇ni̇ untuk mewujudkan stabilitas keamanan di Kabupaten Gunung Mas, Jumat 17 November 2023.

BACA JUGA:   Bupati Gunung Mas Minta KONI Pandu Cabor yang Memiliki Potensi Besar

Dikatakannya, selain melalui rancangan Perbup tersebut, terdapat upaya lain yang dilakukan, yaitu pembentukan Forum Komunikasi Ormas “Belum Hinje Hapakat” (Hidup Bersama Dalam Keberagaman) di Kabupaten Gunung Mas.

“Hal ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi ormas-ormas yang terdaftar untuk terhimpun aspirasinya sehingga masing-masing ormas dapat memiliki manfaat baik untuk Internal maupun eksternal ormas,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, pembinaan ormas sendiri tidak cukup hanya dilakukan melalui proses regulasi semata, namun juga harus dilakukan melalui praktek nyata di lapangan.

BACA JUGA:   Polres Gunung Mas Kembali Bagikan Takjil Kepada Masyarakat

“Kita harus memastikan ormas-ormas di kabupaten Gunung Mas dapat terbina dengan baik sehingga dapat meningkatkan kinerja dan akuntabilitasnya, “sebutnya

Tidak hanya itu kata Jaya, ini membutuhkan kondisi yang kondusif untuk mewujudkan masyarakat yang “Bermartabat, Maju, Berdaya Saing, Sejahtera dan Mandiri”.

“Kita perlu memelihara situasi dan kondisi keamanan di Kabupaten Gunung Mas agar pembangunan di daerah ini dapat berjalan dengan baik,” tutup Jaya Samaya Monong. (Ale)