Kebutuhan Air Bersih Tidak Boleh Diabaikan oleh Pemerintah

LULUS/BERITA SAMPIT- Ketua Komisi III DPRD Mura, Ahmad Tafruji

PURUK CAHU – Air bersih merupakan sumber kehidupan bagi manusia, namun keberadaannya bagi daerah-daerah terpencil sangat sulit untuk didapatkan terutama di dalam kota Puruk Cahu.

Ketua Komisi III DPRD Murung Raya, Ahmad Tafruji mengatakan kebutuhan air bersih masyarakat utamanya di kota Puruk Cahu dan desa-desa harus bisa dipenuhi oleh pemerintah, sebab hingga sampai ini khususnya di Murung Raya sendiri ada banyak wilayah yang belum memiliki sarana air bersih memadai.

“Tentu ini sesuai fakta yang ada, ketika kita reses kerap menemui desa yang belum memiliki sarana air bersih memadai terutama di Dapil I meliputi Kecamatan Murung Raya dan Tanah Siang Selatan,” kata Tafruji, Selasa 21 November 2023.

BACA JUGA:   Dewan Apresiasi Giat Safari Ramadan Pemkab Katingan

Politisi PAN ini mengatakan, memenuhi kebutuhan akan air bersih bagi masyarakat menjadi suatu hal yang tidak bisa diabaikan oleh pemerintah, karena air bersih sangat penting baik dipergunakan untuk konsumsi, mandi dan lain sebagainya. Sehingga kesehatan masyarakat pun bisa selalu terjaga.

Dalam memperhatikan ini, ia pun mengusulkan agar pemda melalui perusahaan daerah air minum (PDAM) bisa berinovasi untuk memenuhi kebutuhan air bersih di pedesaan, misalnya membangun jaringan air bersih yakni berupa penampungan khusus air bersih.

BACA JUGA:   Dewan Minta PPPK Tingkatkan Kinerja dari Mutu Pendidikan dan Kesehatan di Katingan

“Nanti dari situ bisa dialirkan ke rumah-rumah warga, tentu dalam mengelolanya bisa melibatkan masyarakat atau pemdes. Saya rasa sarana air bersih penting dibangun disetiap desa sehingga kebutuhan akan itu bisa selalu terpenuhi,” pungkasnya.

(Lulus)