Perangkat Daerah Diminta Prioritas Pembangunan Daerah untuk Kepentingan Masyarakat

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT - Juru bicara BANGGAR DPRD Kabupaten Gunung Mas Untung.

KUALA KURUN – Keberhasilan program pembangunan sebuah daerah tidak terlepas dari dukungan semua perangkat daerah yang ada di daerah setempat. DPRD Kabupaten Gunung Mas meminta agar semua perangkat daerah mengutamakan program prioritas yang menyentuh kepentingan masyarakat, agar dapat memastikan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan dengan baik dan lancar.

“Kami meminta kepada seluruh perangkat daerah untuk mengutamakan program prioritas yang menyentuh kepentingan masyarakat. Ini menunjukkan bahwa kesuksesan program pembangunan daerah sangat tergantung pada dukungan dari semua sektor,” ungkap Juru bicara BANGGAR DPRD Kabupaten Gunung Mas Untung Jaya Bangas belum lama ini.

Dikatakannya, perlu memastikan bahwa masyarakat didorong untuk memberikan masukan serta terlibat dalam proses perencanaan pembangunan untuk memastikan bahwa program prioritas yang dihasilkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

BACA JUGA:   Dewan: Perbaikan Infrastruktur di Dapil III Perlu Perhatikan Pemkab Gunung Mas

“Pembangunan harus lebih dari sekadar aspek fisik dan infrastruktur, tetapi juga harus memperhatikan kebutuhan sosial dan ekonomi masyarakat,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, pembangunan daerah harus menitikberatkan pada kepentingan masyarakat. Sektor publik harus bekerja sama dengan masyarakat untuk memperjelas kebutuhan dan berfungsi sebagai pengontrol kualitas dalam pelaksanaan program prioritas yang telah ditetapkan.

“Ini akan membantu memastikan program prioritas memenuhi kebutuhan masyarakat dan bermanfaat bagi mereka. Dalam hal ini, masyarakat dapat memberikan masukan berupa saran dan kritik untuk meningkatkan kinerja sektor publik,” sebut Politisi Demokrat ini.

Pembangunan daerah kata dia, harus memperhatikan aspek ekonomi dan sosial masyarakat. Pembangunan yang terpusat pada aspek fisik dan infrastruktur saja tidak cukup.

“Kita harus juga mempertimbangkan pendorong ekonomi dan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial. Prioritas harus diberikan kepada program yang mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan melalui pengembangan sektor pertanian, sektor industri, dan pengembangan pekerjaan yang berkualitas,” ujarnya.

BACA JUGA:   Dewan Tegaskan Penting Terus Pantau Kondisi Anak Melalui Posyandu

Kemudian, partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah harus diupayakan agar terdapat peran aktif dari masyarakat dalam setiap tahap program pembangunan. Masyarakat harus dipandang sebagai partner penting yang berperan dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaan program pembangunan.

“Partisipasi aktif dari masyarakat sangat penting dalam upaya perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan yang mencapai hasil yang positif bagi masyarakat. Semua perangkat daerah yang ada di daerah Kabupaten Gunung Mas harus bekerja sama untuk memastikan program prioritas yang ditetapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan memastikan pelayanan tetap berjalan dengan baik dan lancar,” tutup Untung Jaya Bangas. (Ale)