Fraksi PDIP Meminta Sinergisitas SOPD Untuk Dapat Mempertahankan WTP

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT - Juru bicara Fraksi PDIP Elvi Esie.

KUALA KURUN – Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas meminta kepada SOPD di Pemerintah Daerah setempat untuk terus meningkatkan sinergisitas dan kerja keras agar dapat mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) pada laporan keuangan daerah.

Juru bicara Fraksi PDIP Elvi Esie mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Gunung Mas agar pelaksanaan anggaran tahun 2023 dan bahkan 2024 dapat mempertahankan WTP menjadi hal yang sangat rasional dan wajar.

“Menjaga penilaian itu membutuhkan kerja keras dan sinergisitas dari semua SOPD jajaran Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, terutama yang terkait dengan pengelolaan, pencatatan keuangan, dan aset daerah sesuai dengan persyaratan yang berlaku,” ungkapnya belum lama ini.

BACA JUGA:   Dewan Tegaskan Penting Terus Pantau Kondisi Anak Melalui Posyandu

Disebutkannya, mengelola keuangan dan aset publik merupakan tanggung jawab besar dan penting. Keberhasilan dalam menjalankan tugas ini dapat mempengaruhi kinerja dan reputasi pemerintah daerah kedepannya.

“Dengan adanya WTP pada laporan keuangan pemerintah kabupaten, masyarakat dapat menilai bahwa pengelolaan keuangan dan aset daerah dijalankan dengan baik dan transparan. Sebaliknya, jika laporan keuangan pemerintah daerah tidak memperoleh WTP, dapat merusak kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah,”sebut Elvi Esie.

Selain itu, untuk mendukung tercapainya keinginan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, semua SOPD harus bekerja secara sinergis dan menjalin kerjasama yang erat dalam mengelola keuangan dan aset daerah. Saling membantu dan berkoordinasi antar bagian sangat penting dalam menjaga keunggulan laporan keuangan pemerintah kabupaten.

BACA JUGA:   Dewan: Perbaikan Infrastruktur di Dapil III Perlu Perhatikan Pemkab Gunung Mas

“Menjaga opini WTP pada laporan keuangan pemerintah daerah adalah sebuah tantangan, tetapi dapat dicapai melalui kerja keras dan sinergisitas dari semua SOPD. Dengan menjalankan tanggung jawabnya dengan baik, pemerintah daerah dapat mempertahankan reputasinya dan masyarakat dapat merasa percaya bahwa keuangan dan aset daerah dikelola dengan profesional secara efektif dan efisien,”tutupnya. (Ale)