Manfaatkan Potensi SDA di Desa

AHMAD/BERITASAMPIT - Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Ptasetyo.

KUALA PEMBUANG – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, Zuli Eko Prasetyo mendorong agar setiap pemerintah desa setempat bisa maksimalkan atau mengelola potensi sumber daya alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di desa masing-masing.

Dikatakannya, potensi desa yang ada memang harus dikelola dengan baik dalam rangka upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Jelasnya, untuk mengetahui potensi desa juga bisa dilakukan dengan analisis atau penelitian.

BACA JUGA:   Dewan Minta Dinas Terkait Perhatikan PJU di Jalan Tjilik Riwut dan Ahmad Yani Kasongan

“Apakah desa itu mempunyai sumber daya alam yang bisa dikelola dengan biak, sehingga itu silahkan di teliti. Jika itu memang ada dan itu bisa dimanfaatkan yang mempunyai nilai ekonomi bagi masyarakat, silahkan untuk dikelola,” katanya.

Menurut dia, dengan hal tersebut maka sumberdaya setempat juga bisa diberdayakan. Sebab, cukup banyak potensi SDA yang ada di desa untuk bisa dikelola, baik tanaman maupun lainnya tentu bisa dimanfaatkan.

BACA JUGA:   Dewan Minta PPPK Tingkatkan Kinerja dari Mutu Pendidikan dan Kesehatan di Katingan

“Tentunya kami akan support itu, yang penting pembinaan pengawasan dari desa juga harus jalan. Artinya begini, ketika ada program atau usaha masyarakat tadi ya itu tentunya juga harus dikawal agar potensi SDA di desa bisa dimanfaatkan dengan maksimalkan,” imbuhnya.