Perlu Solusi Jangka Panjang Untuk Meminimalisir Kejadian Bencana

IST/BERITA SAMPIT - Legislator DPRD Kalteng Bryan Iskandar.

PALANGKA RAYA – Legislator DPRD Kalteng Bryan Iskandar mengatakan, diperlukan solusi jangka panjang untuk meminimalisir kejadian bencana di wilayah Kalteng.

Ia menjelaskan, Kalteng sangat rawan terjadi bencana salah satunya banjir yang kerap melanda sejumlah wilayah ketika masuk pada musim penghujan.

“Perlu solusi jangka panjang untuk meminimalisir kejadian bencana di Kalteng, hal ini patut menjadi perhatian pemda di provinsi ini,” ucapnya, Minggu 26 November 2023.

BACA JUGA:   Sektor Kesejahteraan Rakyat Harus Terus Diperhatikan

Dalam upaya meminimalisir kejadian bencana terutama banjir, diperlukan infrastruktur yang memang mampu mengatasi atau mengurangi resiko dari bencana tersebut.

Pastinya dalam upaya tersebut diperlukan rencana matang dari pemerintah daerah (pemda), misalnya membangun bendungan serta melakukan pengelolaan sumber daya air.

Selain itu juga, memperhatikan kondisi lingkungan alam baik hutan dan lahan. Program reklamasi atau reboisasi supaya digencarkan, sebab salah satu yang menyebabkan banjir yakni akibat hutan dan lahan yang rusak.

BACA JUGA:   Peran Aktif Pemda Mengoptimalkan Potensi Daerah Sangat Penting

“Pastinya kita menginginkan Kalteng bebas dari bencana banjir yang hampir terjadi setiap tahun. Jadi, solusi jangka panjang untuk meminimalisir bencana ini harus dipikirkan,” pungkasnya. (Hardi)