Pemkab Kotim Gelar Konsultasi Publik Pemutakhiran Strategi Sanitasi Kabupaten

IST/BERITA SAMPIT- Suasana kegiatan Konsultasi Publik Dokumen Pemutakhiran SSK.

SAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor membuka kegiatan Konsultasi Publik Dokumen Pemutakhiran Strategi Sanitasi Kabupaten (SSK) tahun 2024-2028 dan Advokasi Kepada Daerah, Selasa 28 November 2023, di Aula Bapelitbangda Kotim.

Penyelenggaraan kegiatan konsultasi publik dokumen pemutakhiran SSK dilakukan dalam rangka menyinergikan rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) denhan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Pemerintah Provinsi dan Kabupaten.

“Terutama dalam pencapaian upaya target pembangunan tahun 2024-2028 sebagaimana telah ditetapkan oleh Pokja PPAS Pusat, terkait dengan prioritas di bidang perumahan, air minum dan sanitasi,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Kurang dari Sepekan, Peristiwa Pencurian Helm Terekam Kamera CCTV 

Beberapa isu penting yang menjadi prioritas ke depan untuk penanganan di bidang sanitasi di Kotim yaitu penataan di sekitar bantaran Sungai Mentaya dengan menata jamban-jamban apung menjadi jamban sehat dengan kategori aman.

Capaian sanitasi aman masih jauh dari target, sehingga ia meminta dan menghimbau kepada pihak developer perumahan dalam pembangunan tangki septik menggunakan kategori aman, serta mengimbau peran aktif pihak pengusaha dan perbankan dalam berpartisipasi melalui dana CSR untuk pemenuhan akses sanitasi aman dan layak bagi masyarakat.

BACA JUGA:   Aksi Gendam Jelang Idulfitri Mulai Bergentayangan di Sampit

Penanganan desa dan kelurahan yang mempunyai area berisiko kerawanan sanitasi dengan area resiko tinggi dan area resiko sangat tinggi sebagaimana yang dijabarkan dalam dokumen pemutakhiran SSK.

“Tentu hal ini perlu disinergikan dengan program penanganan kawasan kumuh dan stunting serta edukasi dari perangkat daerah terkait untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan air baku dalam pemenuhan air bersih,” ujarnya. (Nardi)