Pemkab Gunung Mas Launching Aplikasi SIAPDes

IST/BERITA SAMPIT - Kepala BKAD Kabupaten Gunung Mas Hardeman (ujung kiri) saat memaparkan terkait aplikasi SIAPDES.

KUALA KURUN – Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Gunung Mas, Pemerintah setempat meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Penyaluran Alokasi Dana Desa (SIAPDes). Peluncuran ini dilakukan di aula GPU Damang Batu Kuala Kurun pada Rabu, 29 November 2023.

“Tujuan peluncuran aplikasi ini adalah untuk mempercepat penyaluran alokasi dana desa pada Pemerintah Kabupaten Gunung Mas serta memberikan pelayanan prima demi kepuasan masyarakat yang menerima ADD,”ungkap Kepala BKAD Kabupaten Gunung Mas Hardeman.

Dikatakannya, Aplikasi SIAPDes tersebut berbasis WEB dan bisa digunakan melalui perangkat berbasis android. Semua tim pembuat aplikasi SIAPDes berasal dari Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Gunung Mas.

“Sebelum diluncurkan secara resmi, BKAD bekerja sama dengan Diskominfosantik dan DPMD melakukan uji coba terbatas pada beberapa desa dari Kecamatan Kurun, Mihing Raya, dan Sepang,”tuturnya .

BACA JUGA:   Keharmonisan Dalam Keberagaman Menjadi Faktor Penting Untuk Menjaga Persatuan Bangsa

Lebih lanjut dikatakannya, dari hasil uji coba yang dilakukan tersebut menunjukkan bahwa aplikasi SIAPDes berjalan dengan baik dan desa-desa yang ikut uji coba siap menggunakan aplikasi ini pada tahun 2024 mendatang.

“Peluncuran aplikasi ini menandai kesiapan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas untuk mulai menggunakan SIAPDes dalam proses penyaluran ADD. SIAPDes merupakan proyek perubahan dalam rangka Pendidikan dan Pelatihan Nasional Tingkat II (PKN II) pada BPSMD Provinsi Kalimantan Tengah Angkatan XXXIV yang menjunjung tinggi efisiensi dan efektivitas dalam proses penyaluran ADD,”sebutnya.

BACA JUGA:   Rembuk Stunting, Upaya Pemkab Gunung Mas Menurunkan Angka Stunting

Selain meluncurkan aplikasi SIAPDes, BKAD, Diskominfosantik dan DPMD juga akan mengadakan diskusi terkait kesiapan Bank Kalteng untuk penyaluran Siltap dan Insentif BPD langsung ke rekening masing-masing penerima.

Selain itu, akan dilakukan sosialisasi dan pelatihan Aplikasi SIAPDes selama 2 hari, yaitu tanggal 30 November 2023 hingga 1 Desember 2023 yang diikuti operator desa, tim verifikasi ADD kecamatan, dan tim verifikasi ADD kabupaten.

“Peluncuran aplikasi SIAPDes ini tentunya merupakan terobosan positif untuk mempercepat proses penyaluran alokasi dana desa di Kabupaten Gunung Mas. Diharapkan dengan aplikasi ini, proses penyaluran ADD menjadi lebih efisien dan efektif, serta memberikan kepuasan kepada masyarakat sebagai penerima ADD,”tutup Hardeman. (Ale)