Ini Potensi Baru Kabupaten Gunung Mas untuk Kemandirian Pangan dan Perekonomian Petani

IST/BERITA SAMPIT - Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong didampingi wakil bupati Efrensia L.P Umbing saat melakukan panen perdana padi di Kecamatan Tewah.

KUALA KURUN – Dinas Pertanian Kabupaten Gunung Mas tengah melakukan upaya untuk membantu dan memfasilitasi petani/kelompok tani dalam memanfaatkan lahan yang mereka miliki, khususnya untuk pengembangan padi. Salah satu upaya yang sedang berlangsung adalah memfasilitasi pembersihan lahan (land clearing) yang memerlukan biaya yang cukup besar.

“Melihat krisis harga beras di Kabupaten Gunung Mas, kami dari pemerintah daerah merespon dengan berbagai upaya untuk meningkatkan produksi padi melalui optimalisasi pengembangan lahan sawah. Salah satu potensi yang dimiliki Kabupaten Gunung Mas adalah lahan yang cukup luas dan fasilitas infrastruktur yang masih dapat digunakan untuk menambah produksi pangan,” ungkap Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong, Rabu 29 November 2023.

Dikatakannya, Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) di Kabupaten Gunung Mas diidentifikasi sebagai lahan potensial untuk dikembangkan. Program Kemitraan Ketahanan Pangan “Gunung Mas Jaya” sedang dalam tahap finalisasi dalam kerjasama antara Bank Kalteng dan Koperasi “Sumber Pangan Gunung Mas”.

BACA JUGA:   Puluhan Masyarakat Gunung Mas Ikuti Operasi Katarak Gratis

“Dalam bentuk kerjasama ini, kami berharap bisa membantu petani di wilayah Kabupaten Gunung Mas guna meningkatkan produksi padi sawah dan menciptakan optimisme diantara masyarakat,” tuturnya.

Jaya menyebutkan, peran petani yang tergabung dalam wadah Koperasi “Sumber Pangan Gunung Mas” sangat penting untuk menyukseskan program ini. Pemerintah Kabupaten Gunung Mas sangat mendukung para petani yang berusaha dengan sungguh-sungguh.

“Maka dari itu kami mengharapkan kepada para penyuluh dapat menjadi garda terdepan dalam melaksanakan fungsi fasilitator, motivator, dan organisator kepada para petani di daerah Kabupaten Gunung Mas,” harap dia.

BACA JUGA:   Ratusan PPPK Jabatan Fungsional Guru di Gunung Mas Dilantik

Pada kesempatan itu juga, ia mengajak semu pihak untuk bersama-sama mendukung program pengembangan padi sawah di Kabupaten Gunung Mas agar dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat dan menjadikan Kabupaten Gunung Mas semakin maju dan sejahtera pada masa depan.

“Kita harus saling bersinergi dan berkontribusi untuk meningkatkan produksi tanaman pangan serta mendukung ketahanan pangan daerah di Kabupaten Gunung Mas. Semoga kegiatan ini memberikan motivasi dan energi positif bagi seluruh pelaku pertanian khususnya dan masyarakat Kabupaten Gunung Mas pada umumnya, dan semoga hasil panen akan lebih baik di masa yang akan datang,” tutup Jaya Samaya Monong. (Ale)