Organda Kotim Gelar Muscablub, Delapan Calon Ketua Siap Dipilih

NARDI/BERITA SAMPIT - Muscablub Organda Kotim digelar Kamis 30 November 2023

SAMPIT – Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kotawaringin Timur (Kotim) melaksanakan Musyawarah Cabang Luar Biasa (Muscablub), Kamis 30 November 2023.

Ada delapan calon Ketua yang sudah mendaftar yaitu Iin Handayani, Ririn Rosyana, Gahara, Abdullah, Budi Hariono, Iskandar, Nur Arifin dan Audy Valent.

Bupati melalui Kepala Dinas Perhubungan Kotim Suparmadi membuka secara resmi kegiatan yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Aquarius Sampit itu.

“Pemerintah Kotim berharap kedepannya ada tiga pokok yang bisa digali oleh kepengurusan yang baru nantinya,” kata Suparmadi dalam sambutan acara pembukaan Muscablub.

Ia menyampaikan yaitu pertama penerapan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 12 Tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha dan Produk pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko Sektor Transportasi Khususnya pada Sertifikat Standar Angkutan Barang Umum.

BACA JUGA:   Dishub Kotim: Traffic Light Bermasalah di Kota Sampit Akan Diperbaiki Tahun Ini

“Selanjutnya yang kedua Organda bisa inisiasi penetapan tarif standar upah angkut,” ungkapnya.

Ketiga, organda bisa bermitra dengan lembaga sertifikasi driver termasuk uji kelayakan kendaraan yang terintegrasi dengan pembuatan SIM di Satlantas Polres Kotim.

Beberapa hal pokok tersebut akan menambah nilai Organda benar-benar mampu berpihak dengan pengusaha dan menjadi mitra strategis dengan pemerintah daerah maupun hingga tingkat pusat.

Sementara itu Ketua Catetaker DPC Organda Kotim Arie Hartanto, menyampaikan agenda Muscalub digelar karena ada permasalahan terhadap Organda Kotim namun masa kepemimpinan berakhir pada 2026, dan solusinya adalah melaksanakan musyawarah luar biasa.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Perintahkan Perbaikan Jalan Rusak saat Safari Ramadan di Kecamatan Baamang

“Sebanyak 70 anggota yang lolos verifikasi itu punya hak memberikan suara untuk memilih diantara delapan calon Ketua Organda Kotim yang sudah terdaftar,” ungkapnya.

Proses pemilihan melalui prosedur tata tertib yang disusun oleh Steering Committee (SC) dan Organizing Committee (OC) yang disampaikan dalam Muscablub.

Mereka yang maju sebagai calon ketua tidak tidak dibatasi harus dari pengurus atau mantan pengurus Organda saja, namun membuka luas kepada masyarakat, semua profil yang ada di Kotim.

Ia menambahkan kegiatan pada sore hari itu bisa terselenggara berkat kerjasama seluruh anggota dan semangat calon ketua untuk memajukan Organda Kotim. (Nardi)