Anggota DPRD Minta Warga Bantaran Sungai Waspada

IST/BERITASAMPIT - Anggota DPRD Barito Utara, H Surianor, SE.

MUARA TEWEH – Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, H Surianor, mengimbau kepada seluruh masyarakat di daerah bumi iya mulik bengkang turan khususnya yang tinggal di bantaran Sungai Barito untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap banjir.

“Pada saat ini wilayah Kabupaten Barito Utara memasuki musim penghujan, dan sungai di DAS Barito dalam keadaan naik. Jadi warga harus waspada,” kata Surianor, Senin 4 Desember 2023.

Politisi Partai Demokrat ini mengharapkan koordinasi kinerja bersama instansi terkait dalam mengantisipasi dan meningkatkan kewaspadaan terhadap musibah banjir yang terjadi di daerah ini.

BACA JUGA:   Dewan Minta PPPK Tingkatkan Kinerja dari Mutu Pendidikan dan Kesehatan di Katingan

Selain memaksimalkan fungsi lembaga yang sudah ada seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), juga perlu upaya preventif seperti sosialisasi ke masyarakat secara langsung.

Ia juga menuturkan, daerah setempat memang sangat besar potensi kekayaan alamnya, seperti pertambangan, perkebunan dan lain-lainnya. Namun dari sisi negatifnya juga termasuk daerah rawan bencana salah satunya yakni bencana banjir.

“Seperti bencana kebakaran lahan dan rumah, bencana banjir seperti tingginya curah hujan sehingga meluapnya Sungai Barito, dan juga bencana tanah longsor sudah sangat sering dan kerap terjadi di setiap tahunnya,” jelas dia.

BACA JUGA:   Dewan Kotim Sarankan Simpang Sebabi Menjadi Kelurahan

Selain waspada terhadap banjir, dirinya berharap kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap api, karena api salah satu faktor terjadinya bencana kebakaran.

“Jika terjadi musibah kebakaran saya berharap agar warga secepatnya bisa melaporkan atau menghubungi dinas terkait seperti pemadam kebakaran dan BPBD setempat, agar bencana kebakaran bisa segera ditanggulangi,” demikian pria bergelar strata satu ekonomi itu. (Iskandar).