Suksesnya Program 3 SMART Harus Dibarengi Pembangunan Infrastruktur yang Berkualitas Baik dan Berkelanjutan

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT - Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong saat foto bersama usai upacara peringatan hari Bhakti PU ke-78.

KUALA KURUN – Kabupaten Gunung Mas merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah yang sedang gencar melakukan transformasi digital untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Program 3 SMART yaitu smart Agro, smart Tourism, dan smart Human Resources menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan sektor pertanian, pariwisata, dan sumber daya manusia di daerah ini.

“Namun, untuk mensukseskan program ini, tidak dapat diwujudkan tanpa dibarengi dengan pembangunan infrastruktur yang berkualitas baik dan berkelanjutan,”ungkap Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong pada saat memberikan sambutan pada upacara Hari Bhakti PU ke-78, Senin 4 Desember 2023

Untuk itu kata dia, Kabupaten Gunung Mas melakukan fungsi dan penugasan melalui pembangunan pilar infrastruktur yang berkualitas baik dalam beberapa bidang, seperti Bidang Bina Marga, Bidang Cipta Karya, Bidang Sumber Daya Air, Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman, dan Bidang Jasa Konstruksi.

“Pada bidang tata ruang saat ini kita melakukan kegiatan bantuan teknis penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) wilayah perkotaan Kecamatan Rungan yang difasilitasi oleh Kementerian ATR/BPN,” tuturnya.

BACA JUGA:   Rembuk Stunting, Upaya Pemkab Gunung Mas Menurunkan Angka Stunting

Dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur tersebut, bidang bina marga bertugas melakukan pelaksanaan pembangunan, rehab, dan peningkatan jalan dan jembatan, serta penanggulangan dan penanganan keadaan darurat baik akibat bencana alam maupun akibat lainnya.

“Hal ini bertujuan untuk menunjang konektivitas wilayah dan membantu akses daerah yang dilakukan oleh masyarakat yang ada di Kabupaten Gunung Mas,”sebut dia.

Sedangkan bidang cipta karya melakukan kegiatan pembangunan bangunan gedung dan penataan lingkungan serta pembangunan fasilitas dan rumah ibadah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selanjutnya, bidang sumber daya air bertugas untuk memenuhi kebutuhan air bagi program smart Agro. Hal ini dilakukan melalui penyediaan air untuk pertanian dengan melakukan kegiatan di Sakata Tewah, Sakata Juri, Daerah Irigasi Gohong Rawai, dan Daerah Rawa Hambuyung.

“Ada juga untuk peningkatan akses untuk air minum dan pengolahan air yang dilakukan dengan pembangunan IPA kapasitas 20-25 liter/detik pada PDAM di wilayah Gunung Mas,” beber Jaya Samaya Monong.

BACA JUGA:   Polres Gunung Mas Terapkan Tes Urine Bagi Personel Tanpa Keterangan dan Anggota Miliki Penyakit Menahun Didata

Kemudian, bidang perumahan dan kawasan permukiman bertanggung jawab menangani Peningkatan Kualitas Rumah Tidak Layak Huni (Bedah Rumah) dan peningkatan kualitas jalan lingkungan permukiman di beberapa kecamatan serta penanganan PJU dan pemeliharaan taman dalam Kota Kuala Kurun.

Sedangkan bidang jasa konstruksi melakukan pelatihan dan sertifikasi tenaga teknis Konstruksi dan pengawasan tertib usaha dan penyiapan data Basic Price komponen pekerjaan konstruksi untuk mendukung smart Human Resources.

Selain itu, secara rutin dilakukan pengawasan dan penertiban penggunaan ruang melalui Tim Terpadu Pengawasan Ruang. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menjamin penggunaan ruang yang terencana dan sesuai peruntukkannya.

“Dengan dukungan dari pembangunan infrastruktur yang berkualitas baik dan berkelanjutan seperti ini, diharapkan program 3 SMART di Kabupaten Gunung Mas dapat terwujud dengan baik. Kabupaten Gunung Mas dapat menjadi daerah yang maju dan berdaya saing tinggi dalam memajukan sektor pertanian, pariwisata, dan sumber daya manusia,” tutup Jaya Samaya Monong. (Ale)