Waket I : Dalam Penyesuaian Tantangan Perubahan Dibutuhkan Ketepatan Formulasi Birokrasi

IST/BERITASAMPIT - Wakil Ketua DPRD Barito Utara, H Parmana Setiawan.

MUARA TEWEH – Wakil Ketua I DPRD Barito Utara, H Parmana Setiawan, menyebutkan bahwa dalam penyesuaian tantangan perubahan dibutuhkan ketepatan formulasi birokrasi  dalam rangka penyesuaian terhadap tantangan perubahan lingkungan eksternal yang berkembang dengan cepat.

Maka dari itu perlu penataan kelembagaan diarahkan untuk mendorong birokrasi agar mampu merespon berbagai dinamika dalam perubahan.

Menurutnya politikus PKB itu dengan terbentuknya birokrasi ideal terkait erat dengan kebutuhan birokrasi menghadirkan pelayanan publik prima.

BACA JUGA:   Kerusakan Jalan di Mentaya Hulu, DPRD Kotim: 2025 Akan Diperbaiki

“Sejalan dengan itu pemerintah secara bertahap hendaknya terus menerapkan kebijakan rasionalisasi anggaran dengan memangkas sebagian alokasi pembiayaan dan menghilangkan pos anggaran yang dianggap tidak perlu,” katanya.

Dijelaskannya birokrasi dituntut mampu menampilkan performa efisiensi yang terindikasi dari pergeseran margin pembiayaan, dari yang semula lebih banyak dialokasikan bagi belanja aparatur bergeser kepada alokasi belanja publik.

BACA JUGA:   Dewan Minta PPPK Tingkatkan Kinerja dari Mutu Pendidikan dan Kesehatan di Katingan

“Untuk menjawab tantangan itu, birokrasi harus mampu beradaptasi kepada bentuk birokrasi ramping yang miskin struktur, namun kaya fungsi,”  jelasnya (Iskandar).