Mentri Dalam Ingatkan Warga Waspadai Penyakit Musim Hujan

Gusti/BERITASAMPIT - Mentri Dalam Kesultanan Kutaringin Pangeran Arsyadinsyah.

PANGKALAN BUN – Mentri Dalam Kesultanan Kutaringin Pangeran Arsyadinsyah mengingatkan warga untuk waspada terhadap penyakit yang sering muncul di musim penghujan. Menurut Pangeran beberapa penyakit yang sering muncul di musim penghujan, diantaranya diare, ISPA, dan demam berdarah.

“Tiga penyakit ini sangat rentan apabila musim penghujan,jaga selalu stamina tubuh serta makan makakanan yang bergizi,” ujar pangeran saat ditemui Berita Sampit di kediamanya jalan HM. Rafii Prum Akasia Permai Desa Pasir Panjang, Jumat 8 Desember 2023.

Mengenai kondisi cuaca sekarang ini, dia juga menyarankan jika tidak ada keperluan yang mendesak sebaiknya warga jangan keluar rumah.

BACA JUGA:   Aktif Sebagai Bhabinkamtibmas dan Pengurus Masjid, Kapolda Kalteng Beri Kejutan Berangkatkan Umroh Kepada Aiptu Hartono

“Kalau memang tidak ada keperluan yang mendesak, sebaiknya jangan keluar rumah apalagi pas di waktu hujan,kalau kondisi badan kurang vit mudah terserang penyakit,” jelasnya.

“Ini jangan dianggap sepele,karena sejak jaman dulu di Kobar apabila pergantian musim,memasuki musim hujan penyakit yang muncul seperti flu,ISPA,diare dan demam berdarah ini pasti ada,” ujar Pangeran Arsyadinsyah.

Dia menghimbau kepada pemerintah daerah khususnya Dinas Kesehatan Kobar agar mengantisipasi penyakit penyakit musiman seperti ini

BACA JUGA:   SMAN 2 Kumai Bagi-Bagi Paket Sembako dan Infak Ramadan 1445 H, Kepsek Drs. Ridwan: Wujud Peduli Sesama Tunai Tugas Ilahi

Dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang penyakit yang muncul di musim hujan dan cara pencegahanya.

Mmemberikan vaksin dengue atau Abate untuk membunuh larva (jentik) nyamuk DBD karena di musim hujan banyak terdapat genangan air.

Dia juga mengingatkan kepada warga kobar agar berhati hati dengan situasi cuaca sekarang ini,karena dimusim pacaroba sekarang ini mudah berubah extrim.

“Mudah mudahan kita semua khususnya masyarakat kobar di jauhkan dari penyakit dan bencana pada peralihan musim (pacaroba) ini,” tutup Pangeran Arsyadinsyah.(Gusti/Man)