Pj Bupati Katingan Serahkan DIPA dan Daftar DAK Anggaran 2024

BITRO/BERITA SAMPIT - Pj Bupati Katingan, Saiful melaksakan penyerahan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) dan daftar Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun anggaran 2024, di Aula Bappelitbang pada Jumat 8 Desember 2023.

KASONGAN – Penjabat Bupati Katingan Saiful, menyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan daftar Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Bappedalitbang Lt II Kasongan, Jumat 8 Desember 2022.

Saiful menyampaikan sebagaimana dalam laporan Sekretaris Daerah Kabupaten Katingan, bahwa penyelengaraan acara penyerahan DIPA merupakan arahan Gubernur Kalimantan Tengah.

“Sesuai arahan Gubernur tanggal 1 Desember 2023 lalu di Palangka Raya penyerahan DIPA tahun anggaran 2024 akan diberikan kepada seluruh bupati/walikota se-Provinsi Kalimantan Tengah,” ungkap Saiful.

Menurut Saiful sesuai arahan Presiden Republik Indonesia dan Gubernur Kalimantan Tengah, ada beberapa hal penting dalam penggunaan anggaran diantaranya menggunakan anggaran yang telah diberikan secara disiplin, teliti, dan tepat sasaran. Sinergi dan harmonisasi pemerintah daerah dengan kebijakan pemerintah pusat agar pembangunan berjalan dengan selaras, oleh karena itu pelaksanaan anggaran harus dioptimalkan untuk menuntaskan agenda pembangunan yang belum selesai, yang sudah direncanakan untuk memperkuat pondasi bagi pemerintah yang akan datang.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Sosialisasikan Pengelolaan Barang Milik Daerah Pada OPD

“Saya mengimbau agar kepala perangkat daerah segera menyusun waktu pelaksaan kegiatan serta rincian kegiatan harus masuk dalam rencana umum pengadaan (RUP) tahun anggaran 2024 dan diumumkan melalui sistem informasi rencana umum pengadaan LKPP paling lambat minggu ke 4 Desember 2023,” ujarnya.

Sementara itu Saiful juga mengingatkan kembali kepada seluruh aparatur di lingkup Pemerintah Kabupaten Katingan agar dalam pelaksanaan anggaran tahun 2024 baik APBD maupun APBN harus bebas dari praktek-praktek yang mengarah pada korupsi, kolusi dan nepotisme.

BACA JUGA:   Satlantas Polres Katingan Gelar Operasi Keselamatan Telabang 2024 dengan Cara Unik

“Upaya untuk mewujudkan tata pemerintahan yang bersih harus selalu menjadi komitmen kita bersama untuk mewujudkannya, dengan menerapkan konsisten prinsip-prinsip dari pelaksanaan tata pemerintahan yang baik dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Sekteraris Daerah Kabupaten Katingan Prangsang, Kepala KPPN Sampit, unsur Forkopimda, Staff Ahli dan Asisten, Kepala Badan/Dinas dilingkungan Pemkab Katingan serta media.

(Bitro)