Pergelaran Seni Budaya Kabupaten Gunung Mas, Melestarikan Nilai-Nilai Budaya Masyarakat

IST/BERITA SAMPIT - Saat berlangsungnya kegiatan Pergelaran Seni dan Budaya Kabupaten Gunung Mas Tahun 2023.

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah melalui dinas kebudayaan dan pariwisata (Disbudpar) daerah setempat melakukan pergelaran Seni Budaya, kegiatan tersebut dilaksanakan di Taman Kota Kuala Kurun, Sabtu 8 Desember 2023 malam.

Acara tersebut merupakan upaya pemerintah Kabupaten Gunung Mas untuk meningkatkan sumber daya pada bidang kesenian, khususnya para penggiat, pengurus dan pelatih sanggar seni yang ada di daerah setempat.

Sejumlah Sanggar Seni Budaya dan seniman terkenal yang terdata di Kabupaten Gunung Mas, seperti Sanggar Seni dan Budaya Penyang Hatampung, Batuah Kampuri, Bunut Batarung, Kambang Pancar Rungan, dan Dandang Tingang, ikut serta dalam acara tersebut.

BACA JUGA:   Wakil Bupati Gunung Mas Lakukan Safari Ramadan di Kecamatan Kahut

Acara ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Pelatihan Sanggar Seni beberapa waktu yang lalu, dan terpilih lima penampil yang mewakili Pergelaran Seni saat itu. Selain itu, acara ini turut menampilkan Seniman Karungut terbaik pertama hasil dari seleksi FBMM dan Festival Karungut yang diselenggarakan oleh Karang Taruna, Pakar Karungut, Budayawan Kabupaten Gunung Mas, serta Pelatih Karungut untuk FBIM, Bapak Ucun A Tingang.

“Tujuan dari acara ini adalah untuk menumbuhkan daya cipta, karsa, dan kreativitas di kalangan seniman Dayak, terutama pada Sanggar Seni Budaya di Kabupaten Gunung Mas. Selain itu, acara ini diharapkan bisa menggali dan melestarikan nilai-nilai budaya masyarakat di Kabupaten Gunung Mas,”ungkap ketua pelaksana Ahmady.

BACA JUGA:   Istri Agustiar Sabran Beri Sinyal Ingin Maju di Pilkada Gunung Mas

Disebutkannya, sasaran dari kegiatan tersebut yakni para pengelola Sanggar Seni dan Budaya se-Kabupaten Gunung Mas, para pelatih/instruktur Sanggar Seni dan Budaya, serta para generasi muda berbakat di bidang seni dan budaya.

“Kegiatan Pergelaran Seni Budaya seperti ini diharapkan dapat membangkitkan semangat dalam melestarikan budaya tradisional dan sekaligus memberikan pengalaman yang menarik bagi generasi muda Gunung Mas,”tuturnya. (Ale)