Rapat Evaluasi Penanganan Karhutla, Pj Bupati Seruyan Minta Semua Pihak Berperan Aktif

IST/BERITASAMPIT - Penjabat (Pj) Bupati Seruyan Djainuddin Noor, saat membuka Rapat Koordinasi Evaluasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kabupaten Seruyan tahun 2023, di Hotel Aquarius Sampit, Senin 12 Desember 2023.

KUALA PEMBUANG – Penjabat (Pj) Bupati Seruyan Djainuddin Noor berharap semua pihak berperan aktif dalam upaya penanganan kebakaran hutan dan lahan.

Hal itu diungkapkan Djainuddin pada saat BPBD Kabupaten Seruyan menggelar Rapat Koordinasi Evaluasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kabupaten Seruyan Tahun 2023.

Dia menyebut penanganan karhutla di Kabupaten Seruyan akan lebih baik dan efektif jika semua pihak turut berperan aktif dalam upaya pencegahan maupun penanganan karhutla.

BACA JUGA:   Pj Bupati Seruyan Buka Pasar Ramadan

“Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan ini tidak akan efektif apabila hanya mengharapkan pemerintah ataupun pihak TNI/Polri, maka dari itu peran dari tokoh masyarakat, tokoh adat maupun relawan menjadi sangat penting,” kata Djainuddin, Senin 11 Desember 2023.

Dirinya berharap, Rakor ini dapat menjadi evaluasi dan masukan dari para stakeholder, serta langkah strategi bagi semua pihak untuk mengantisipasi karhutla.

BACA JUGA:   Pj Bupati Seruyan Safari Ramadan ke Seruyan Raya dan Danau Selukuk

Sementara itu, Djainuddin juga berpesan kepada Pemerintah Desa maupun kelurahan agar dapat terus melakukan pembinaan terhadap Masyarakat Peduli Api (MPA).

“Bagi desa maupun kelurahan dapat terus melakukan pembinaan terhadap masyarakat peduli api serta wajib menganggarkan dana untuk penanganan bencana maupun ke arah hutan setiap tahunnya,” pungkasnya.