Masuk ke Demplot Peternakan, Ular Sanca Sepanjang Empat Meter Dievakuasi Petugas Damkar Sukamara

IST/BERITA SAMPIT - Petugas Damkar Sukamara saat berhasil menangkap ular Sanca Batik sepanjang empat meter dari Demplot Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Sukamara.

SUKAMARA – Ular Sanca Batik sepanjang empat meter berhasil dievakuasi oleh petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukamara dari Kandang ayam milik Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Sukamara pada Selasa 13 Desember 2023.

Kepala Bidang Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Sukamara, Sri Pambudi mengatakan setidaknya delapan orang petugas Damkar Sukamara harus berjibaku menangkap dan memindahkan ular Sanca Batik yang bersembunyi diatas langit-langit kandang ayam.

“Sudah dua kali ada ular yang masuk dan memakan ayam milik Demplot Peternakan, Ular masuk melalui celah kawat harmonika tetapi tidak bisa keluar karena perutnya besar setelah makan ayam,” kata Sri Pambudi usai menyaksikan proses evakuasi ular Sanca Batik dari demplot peternakan.

BACA JUGA:   Lapas Sukamara Usulkan 65 Warga Binaan Mendapat Remisi Idul Fitri

“Ada empat ekor ayam yang mati tapi yang bisa dimakan satu ekor karena yang tiga tidak bisa ditelan,” terang Sri Pambudi.

Sri Pambudi menerangkan, ular merupakan salah satu hama yang ada di Demplot Peternakan karena sering masuk dan memangsa ternak. Dengan tertangkapnya ular mengurangi keresahan akibat sering berkurangnya ternak ayam.

“Harapannya tidak ada lagi ular yang masuk ke Demplot Peternakan ini,” ucap Sri Pambudi.

Sementara itu, Kasi Damkar Sukamara, M. Faturassyid menjelaskan jika masyarakat membutuhkan bantuan terkait tugas non kebakaran, pihaknya siap terjun langsung ke lapangan, salah satunya adalah menangkap dan evakuasi ular yang meresahkan peternakan ayam dan masyarakat.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Salurkan Bansos CPP dan BLT-DD di Kecamatan Pantai Lunci

“Disamping Tusi kami melaksanakan pemadaman pada kebakaran, Damkar juga menangani kegiatan Non kebakaran, seperti menangkap hewan liar seperti ular juga merupakan tugas kami,” jelas Faturassyid.

Ular Sanca Batik sepanjang empat meter yang berhasil ditangkap kemudian dievakuasi ke wilayah hutan yang jauh dari pemukiman sehingga diharapkan tidak kembali lagi Kawasan padat penduduk. (enn).