Realisasi Program Strategis BPN Gunung Mas Capai 100 Persen

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT - Saat berlangsungnya kegiatan jumpa pers tentang keterlibatan publik kegiatan program strategis.

KUALA KURUN – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah melaksanakan jumpa pers tentang keterlibatan publik kegiatan program strategis, kegiatan tersebut dilaksanakan di kantor pertanahan setempat pada, Senin 11 Desember 2023.

Kepala Kantor BPN Kabupaten Gunung Mas M. Zubaidi Noor menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut untuk memaparkan beberapa capaian serapan anggaran, capai program strategis, capaian tujuh layanan prioritas, dan capaian penerima BPHTB dan hak tanggungan tahun 2023.

Capaian serapan anggaran berdasarkan sumber data OMSPAN cut off per 5 Desember 2023, laporan pagu kegiatan pada Kantor Pertanahan Kabupaten Gunung Mas tercapai angka 82,10 persen dan proyeksi sampai akhir tahun diperkirakan dapat tuntas di angka 97 persen sesuai target dari Pusat

“Untuk capai program strategis ada empat programs yang telah dilaksanakan pada tahun 2023, dari keempat program strategis yang dilaksanakan itu sudah terealisasi 100 persen,”ungkap M. Zubaidi Noor.

Lebih lanjut dikatakannya, dari masing-masing capaian program strategis tersebut yakni Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT), Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) PM kategori 3 dengan target fisik yakni, 1.864 bidang.

BACA JUGA:   Sebagai Putra Daerah, Untung Jaya Bangas Bakal Maju Pilkada Gunung Mas 2024

“Atas tercapainya program ini telah dilakukan penyerahan sertifikat secara simbolis oleh Presiden RI secara virtual di Palangka Raya pada tanggal 4 Desember 2023 yang diwakili dua orang penerima sertifikat dari Gunung Mas,”tuturnya.

Selanjutnya pada bidang, SHAT non sistematis kategori 3/ lintas sektor tersebut ditargetkan 3 bidang, Dimana dari hasil tersebut telah tercapai dan telah mengeluarkan Sertifikasi Tanah Wakaf. Kemudian Peta Bidang Tanah (PBT) dan SHAT Redistribusi Tanah, target 250 bidang.

“Dari target yang sudah tercapai ini sudah dilakukan penyerahan sertifikat secara simbolis oleh Bupati Gunung Mas (Jaya Samaya Monong) kepada 10 orang penerima sertifikat di Desa Tumbang Talaken, Kecamatan Manuhing,”bebernya.

Kemudian kata dia, pada peta bidang tanah desa lengkap luar Jawa dengan target fisik 2778 hektar dan tercapai 2.848,02 hektare.

“Pada capaian kegiatan non PSN tentang pembaharuan peta zona nilai tanah dengan target di lima kecamatan dengan realisasi 100 persen yang terdiri dari Kecamatan Sepang, Tewah, Mihing Raya, Manuhing dan Kurun,”ujarnya.

BACA JUGA:   Pembobol Rumah Kosong di Gunung Mas Dibekuk Polisi

Capaian SHAT pendaftaran tanah sistematis lengkap 2023 dari 11 desa/kelurahan 1.864 bidang. Sedangkan untuk capaian PBT PTSL 2023, dari empat desa/kelurahan dengan target 2778 terealisasi 2848,02 hektare.

Capaian SHAT redistribusi tanah 2023, tiga desa/kelurahan dengan target 250 bidang, selanjutnya capaian 7 layanan prioritas berdasarkan data dashboard KKP per 11 Desember 2023. Berada di urutan ke tiga dengan capaian kinerja sebanyak 100 persen dengan Rerata Akselerasi 81,08 persen.

Capaian Penerimaan Negara (BPHTB ) dengan total capaian penerimaan negara dari bea perolehan hak atas tanah dan bangunan tercatat dalam aplikasi KKP sampai dengan bulan Desember mencapai sejumlah Rp394.240.401.

Sedangkan, capaian nilai hak tanggungan total nilai agunan yang dijaminkan masyarakat ke lembaga perbankan untuk peningkatan taraf perekonomian masyarakat tercatat dalam aplikasi KKP sampai dengan bulan Desember mencapai sejumlah Rp1.388.861.279.960. (Ale)