Patroli Presisi, Senjata Efektif Cegah Gangguan Keamanan Jelang Pemilu 

IST/BERITA SAMPIT - Personil Polres Gunung Mas saat melakukan Patroli Presisi.

KUALA KURUN – Dalam menghadapi perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) yang semakin dekat, Polres Gunung Mas, rutin melakukan Patroli Presisi sebagai pencegahan efektif untuk mencegah gangguan keamanan dan memastikan jalannya proses demokrasi berjalan lancar, aman dan damai.

Patroli Presisi merupakan pendekatan yang berfokus pada komunikasi dan interaksi positif antara polri, masyarakat, dan pihak terkait dalam rangka menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif menjelang, selama, dan setelah pemilu. Pendekatan ini bertujuan untuk meredam potensi konflik dan menciptakan pemilu yang damai serta demokratis.

Kapolres Gunung Mas AKBP Asep Bangbang Saputra melalui Kepala Satuan Samapta (Kasat Samapta) Iptu A. Agung Gede Raka Sumiartha menyebutkan, Patroli Presisi menjadi langkah strategis untuk menghindari eskalasi kekerasan dan ketegangan selama proses pemilu.

BACA JUGA:   Strategi Ketahanan Pangan untuk Meningkatkan Produksi Pertanian di Gunung Mas

“Kami percaya bahwa dengan berkomunikasi secara terbuka dan aktif dengan masyarakat, kita dapat meminimalkan resiko gangguan keamanan,” ungkapnya, Rabu 13 Desember 2023.

Dikatakannya, tim patroli presisi berinteraksi dengan masyarakat, mendengarkan keluhan, dan memberikan informasi terkait proses pemilu. Pentingnya peran masyarakat dalam menjaga ketertiban dan kedamaian juga diperlukan.

“Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam menciptakan pemilu yang damai, aman dan lancar.  Laporkan potensi gangguan keamanan, dan kita akan bersama-sama menjaga proses demokrasi ini,” beber dia.

BACA JUGA:   Wakil Bupati Gunung Mas Lakukan Safari Ramadan di Kecamatan Kahut

Melalui Patroli Presisi kata dia, diharapkan dapat saling berkomunikasi dengan baik, membangun pemahaman bersama, dan menjaga suasana yang kondusif demi keberlangsungan pemilu yang adil, transparan, dan damai.

“Melalui Patroli presisi ini, akan diimplementasikan di berbagai lokasi strategis untuk memastikan keberhasilan pelaksanaan pemilu yang aman dan lancar,”tutup Iptu A. Agung Gede Raka Sumiartha. (Ale)