Puskesmas Cempaka Mulia Lakukan Fogging-Pemberian Abate, Antisipasi Tinggi Kasus DBD

IST/BERITA SAMPIT - Kegiatan foging Puskesmas Cempaka Mulia di Desa Cempaka Mulia Barat.

SAMPIT – Tingginya Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kecamatan Cempaga Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) membuat puskesmas setempat melakukan Fogging untuk membunuh nyamuk di sejumlah tempat.

“Kegiatan hari ini Puskesmas Cempaka Mulia melakukan Fogging bersama tim Fogging Dinas Kesehatan dan juga pemberian bubuk abate untuk membunuh jentik,” ujar Kepala Puskesmas Cempaka Mulia, M Saifudin Anshari, Kamis 14 Desember 2023.

Dirinya berharap  dengan kegiatan foging tersebut bisa membunuh nyamuk yang membawa virus demam berdarah. Sehingga masyarakat yang kena demam berdarah bisa menurun bahkan tidak ada lagi korban.

Kita juga berharap masyarakat juga selalu menjaga kebersihan lingkungan rumahnya masing-masing  ataupun gotong royong Pembersihan sarang nyamuk di sekitar wilayahnya,” lanjutnya.

BACA JUGA:   Siswa Bagikan Takjil, Kadisdik Kotim: Menanamkan Pendidikan Karakter

Sementara sebelumnya salah satu warga setempat menyampaikan ada puluhan pasien DBD yang melakukan perawatan di Puskesmas Cempaka Mulia tersebut. Salah satu merupakan keluarganya.

“Banyak pasien DBD di Puskesmas Cempaka. Bahkan ada yang dari Desa Patai, Lubuk Ranggan  pasiennya sampai tidak Puskesmasnya,” jelasnya kepada Berita Sampit.

Dijelaskan ada puluhan  pasien terutama anak-anak  terus berdatangan keluar masuk di puskesmas tersebut.  Bahkan ada yang sampai merujuk ke RSUD Murjani Sampit karena tidak mampu di tampung.

BACA JUGA:   Netizen Geram, Desak Pertamina Turun Tangan Soal Pelangsir SPBU

“Semua ruangan full. Rata-rata anak jadi korbannya. Ada juga yang ditolak karena sudah full katanya,” ungkapnya.

Untuk itu, Puskesmas terus memotivasi dan m mengimbau masyarakat untuk menumbuhkan kesadarnya menjaga kebersihan lingkungannya dengan terus melakukan gotong royong dengan sebuah gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PNS).

“Sebelumnya juga kami telah melakukan gerakan PNS di beberapa tempat. Adapun jika hasil pemeriksaan positif DBD dilakukan perawatan di Puskesmas. Kalau dokter  menyarankan dirujuk kita lakukan rujukan ke RS Murjani Sampit,”  pungkas Kepala Puskesmas Cempaka Mulia ini.

(Ibra)