Festival Tandak Intan Kaharingan Tingkat Pusat ke-XI Dibuka, Sekda Kalteng: Tingkatkan Terus Kemampuan dan Terapkan Ajaran-Ajaran Agama

IST/BERITA SAMPIT - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng Nuryakin

PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng Nuryakin mengatakan, kegiatan Festival Tandak Intan Kaharingan Tingkat Pusat Ke-XI, adalah salah satu upaya dalam mendalami ajaran-ajaran suci umat Hindu Kaharingan melalui berbagai perlombaan-perlombaan dan kegiatan lainnya.

“Sesuai dengan tujuan yang kita harapkan dalam kegiatan ini antara lain, meningkatkan iman dan taqwa sebagai landasan terbentuknya sikap moral dan akhlak mulia; meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan sebagai wujud pemahaman ajaran penyang hinje simpei panturung humba tamburak; mempersatukan dan menyamakan persepsi tentang seni membaca kitab suci panaturan, melantunkan lagu kandayu dan tandak; memantapkan kerukunan hidup intern dan ekstern umat beragama yang serasi, seimbang dan harmonis; dan, meningkatkan pemahaman dan penghayatan terhadap kitab suci panaturan dan pelaksanaan upacara keagamaan lainnya, sesuai dengan keyakinan umat Hindu Kaharingan dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya saat membuka buka Festival Tandak Intan Kaharingan Tingkat Pusat Ke-XI, yang diselenggarakan di GOR Volly Indoor, Jalan Tjilik Riwut Km. 3,5 Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Selasa 19 desember 2023.

BACA JUGA:   Muswil BKPRMI Diharapkan Muncul Ide dan Gagasan untuk Peningkatan Kualitas SDM Kalteng 

Melalui kegiatan ini, ia optimis umat Hindu Kaharingan akan mampu untuk meningkatkan rasa keimanannya, Penyang Hinje Simpei Panturung Humba Tamburak dan mampu berpartisipasi dalam pembangunan Provinsi Kalteng.

“Saya mengajak Umat Hindu Kaharingan se-Kalimantan Tengah untuk bersama-sama turut serta menyukseskan pesta demokrasi di tahun 2024 yaitu Pemilu Legislatif, Pemilu Presiden, dan Pemilu Kepala Dearah, sesuai hati nurani masing-masing,” lugasnya.

BACA JUGA:   Tim LKPD Laksanakan Paparan Analitis Guna Meyakini Keandalan Informasi

Ia juga mengajak seluruh umat Hindu untuk menyebarkan nilai-nilai suci ajaran Agama Hindu Kaharingan dalam rangka meningkatkan perdamaian dan persaudaraan.

“Mari kita tingkatkan terus kemampuan dan terapkan ajaran-ajaran agama tersebut ke dalam kehidupan nyata kita di masyarakat,” pungkasnya. (Hardi)