Polres Gunung Mas Gelar Pasukan Operasi Lilin 2023, Pastikan Nataru Berjalan Aman dan Lancar

IST/BERITA SAMPIT - Wakapolres Gunung Mas  Kompol Tri Wibowo saat melakukan peninjauan persiapan personil pada apel  gelar pasukan operasi lilin 2023.

KUALA KURUN – Menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Polres Gunung Mas, Kalimantan Tengah menggelar apel pasukan dalam rangka operasi kepolisian terpusat “Lilin Telabang Tahun 2023” yang dilaksanakan di Lapangan Tantya Sudhirajati Polres setempat, Kamis 21 Desember 2022.

Pasukan operasi lilin tahun 2023 tersebut dipimpin oleh Wakapolres Gunung Mas Kompol Tri Wibowo didampingi Sekretaris Daerah Richard dan dihadiri unsur Forkopimda Kabupaten Gunung Mas.

Adapun peserta apel tersebut terdiri dari TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Gunung Mas , Dinas Perhubungan (Dishub), serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Dengan diawali penyematan tanda pita operasi lilin telabang tahun 2023 kepada setiap perwakilan instansi secara simbolis.

Dalam Amanat tertulis Kepolisian Negara Republik Indonesia yang dibacakan Wakapolres Gunung Mas Kompol Tri Wibowo menyampaikan, apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personil maupun sarana prasarana. Dengan harapan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi sehingga perayaan Natal 2023 dan tahun baru 2024 mampu berjalan dengan kondusif.

BACA JUGA:   Pembobol Rumah Kosong di Gunung Mas Dibekuk Polisi

“Operasi Lilin Tahun 2023 ini dilaksanakan selama 12 hari yang dimulai dari tanggal 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024” ungkap  Kompol Tri Wibowo saat membacakan amanat.

Lebih lanjut dikatakannya, momentum Nataru selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di setiap penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat.

“Operasi ini melibatkan 129.923 personel yang terdiri dari TNI- Polri serta stakeholder terkait lainnya yang ditempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan,”bebernya.

Disebutkannya, pada Nataru tahun ini, polri dan stakeholder terkait telah memetakan permasalahan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas  (Kamseltibcar) lantas dan kamtibmas yang harus diwaspadai.

BACA JUGA:   Upaya Pemerintah Dalam Menanggulangi Stunting di Gunung Mas

“Pada sisi kamseltibcar lantas, polri bersama stakeholder terkait telah menerbitkan SKB yang memuat tentang pembatasan operasional angkutan barang, penerapan rekayasa lalu lintas, pengendalian arus lalu lintas penyeberangan laut dan penundaan perjalanan,”sebutnya.

Pada kesempatan itu juga, mantap Kabag Ops Polres Gunung Mas ini memberikan pesan kepada seluruh personel, agar jadikan pengamanan Natal dan tahun baru tersebut sebagai sebuah kebanggaan.

“Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, profesional dan pahami tugas maupun fungsinya masing-masing sesuai rencana operasi dengan mengedepankan langkah prediktif serta deteksi dini, tanamkan niat dalam diri apa yang kita lakukan merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan Negara,” tutupnya. (Ale).