Pemerintah Harus Mengoptimalisasi Pemanfaatan SDA Untuk Kesejahteraan Masyarakat

HARDI/BERITA SAMPIT - Legislator DPRD Kalteng Sirajul Rahman.

PALANGKA RAYA – Legislator DPRD Kalteng Sirajul Rahman menjelaskan, mayoritas masyarakat di wilayah Kalteng utamanya pelosok masih banyak yang bergantung dengan hasil Sumber Daya Alam (SDA) sebagai sumber pencaharian utama maupun menghasilkan pendapatan ekonomi.

Oleh karena itu, ia mendorong adanya upaya optimalisasi pemanfaatan SDA yang dilakukan oleh pemerintah daerah (pemda) di provinsi Kalteng untuk kesejahteraan masyarakat.

“Pemerintah harus dapat mengoptimalisasi serta mendukung masyarakat untuk memanfaatkan SDA agar lebih baik. Karena ketergantungan masyarakat terhadap SDA masih tergolong tinggi,” ucapnya, Sabtu 23 Desember 2023.

BACA JUGA:   DPRD Kalteng Bahas Empat Raperda Inisiatif

Dia menjelaskan, seperti halnya terhadap hasil usaha rotan dan karet. Tentunya rata-rata masyarakat di pelosok atau pedesaan bergantung terhadap hasil kedua komoditas usaha itu, sehingga hal ini perlu menjadi perhatian terutama menstabilkan harga.

“Karena sampai sekarang ini harga dua komoditas usaha masyarakat tersebut belum juga kunjung stabil, jadi perlu adanya solusi atau dukungan pemerintah berupaya menstabilkan harga rotan dan karet ini,” ujarnya.

BACA JUGA:   Peran Aktif Pemda Mengoptimalkan Potensi Daerah Sangat Penting

Ia juga menjelaskan, terkait itu juga kerap kali menjadi aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada pihaknya ketika saat melaksanakan reses di dalam daerah dan hendaknya ini dapat menjadi perhatian.

“Kita tentu ingin masyarakat yang bergantung dengan hasil SDA bisa menemukan kesejahteraannya, maka dari itu dukungan pemerintah sangat penting dan kita berharap perhatian itu supaya jadi prioritas,” pungkasnya. (Hardi)