Angka Kecelakaan dengan Korban Jiwa Meningkat di Gunung Mas Selama Tahun 2023

IST/BERITA SAMPIT – Ilustrasi Kecelakaan.

KUALA KURUN – Dalam ungkap kasus akhir tahun 2023, Polres Gunung Mas, Kalimantan Tengah merilis terjadi peningkatan angka kecelakaan lalu lintas sepanjang bulan Januari – Desember tahun 2023 dengan jumlah korban jiwa.

Jumlah angka kecelakaan lalu lintas tersebut terjadi di jalur arteri. Faktor human error dan juga kebiasaan tak patuhi rambu-rambu lalu lintas menjadi pemicu utama terjadinya kecelakaan.

Kapolres Gunung Mas AKBP Asep Bangbang Saputra membenarkan adanya peningkatan angka kecelakaan lalu lintas menonjol di tahun 2023 dibanding tahun 2022.

“Untuk Laka menonjol di wilayah hukum Polres Gunung Mas sebanyak 32 kejadian naik 146,15 persen dibanding tahun 2022 yang hanya 13 kejadian,” ungkap Kapolres saat memimpin press release akhir tahun di Mapolres Gunung Mas, Jumat 22 Desember 2022.

BACA JUGA:   Dilaporkan PT SCC Padahal yang Diklaim Lahan yang Tidak Pernah Diganti Rugi

Selain jumlah kecelakaan meningkat, jumlah korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas tersebut juga mengalami peningkatan sebesar 13 orang meninggal dunia dibanding tahun sebelumnya (2022) yaitu 6 orang meninggal dunia.

Sedangkan untuk korban luka berat mengalami kenaikan 300 persen dari 2 orang menjadi 8 orang pada tahun 2023. Penyelesaian laka lantas P21 mengalami penurunan 100 persen dari 7 kasus menjadi 0 kasus di tahun 2023. SP3 mengalami penurunan 100 persen dari 1 kasus menjadi o kasus di tahun 2023.

Selanjutnya, penyelesaian diluar pengadilan yang menimbulkan korban luka dan barang (ADR) mengalami kenaikan 420 persen dari 5 kasus menjadi 26 kasus di tahun 2023.

Tingginya angka Kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Gunung Mas tahun ini memang dipicu banyak faktor, selain faktor manusianya, faktor alam, kendaraanya juga faktor sarana dan prasarana jalan. Faktor lain juga dikarenakan pengendara tidak memeriksa kondisi kendaraan secara utuh sebelum berangkat melakukan perjalanan.

BACA JUGA:   Inovasi Teknologi Daerah: Menuju Kabupaten Gunung Mas yang Lebih Maju

“Jadi, ada juga pengendara yang tidak cek dan ricek kendaraan mereka. Misalnya rem atau ban yang masih dalam kondisi baik atau tidak. Tentunya ini penting untuk diperiksa dulu sebelum berangkat,” ujarnya.

Selain itu, faktor penyebab kecelakaan tersebut juga terjadi karena pengendara tidak menggunakan helm dan berkendara dengan laju yang sangat cepat.

Untuk itu, orang nomor satu di Polres Gunung Mas ini mengimbau pengendara motor dan pengemudi mobil untuk lebih berhati-hati saat berkendara.

“Pemeriksaan kendaraan secara berkala dan mematuhi peraturan lalu lintas menjadi bagian penting agar terhindar dari kecelakaan,”tutup AKBP Asep Bangbang Saputra. (Ale)