Legislator Sebut Kekerasan Dalam Dunia Pendidikan Merupakan Isu Serius

PALANGKA RAYA – Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng Siswandi menyampaikan, kekerasan dalam dunia pendidikan yang kerap terjadi perlu dicegah dengan berbagai upaya.

Ia menjelaskan, kekerasan dalam dunia pendidikan merupakan isu serius yang harus ditangani dengan tegas, sebab kekerasan dapat merusak lingkungan belajar yang seharusnya aman dan kondusif bagi siswa.

“Kita tentunya prihatin ada banyak kasus kekerasan dalam dunia pendidian khususnya di Kalteng selama ini baik guru dengan siswa, siswa dengan guru, maupun antarsiswa,” ucapnya, Sabtu 30 Desember 2023.

BACA JUGA:   Pemda Agar Dapat Tanggap Memberikan Perhatian Kepada Masyarakat Terdampak Banjir

Ia juga menegaskan, dunia pendidikan seharusnya menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi siswa untuk belajar dan berkembang. Kekerasan, baik fisik maupun psikologis, tidak boleh ada di lingkungan pendidikan.

Dalam mencegah hal itu, tentu harus ada kerja sama antara semua pihak baik sekolah, orang tua hingga pemerintah. Kebijakan yang jelas perlu dibuat agar kekerasan tersebut tidak kerap terulang.

BACA JUGA:   Penguatan Ketahanan Pangan Dapat Memberikan Dampak Positif

“Sehingga pendidikan karakter juga perlu lebih diperkuat dan ditanamkan semenjak dini agar anak-anak bisa memahami pentingnya saling menghargai antara satu dengan yang lainnya,” pungkasnya. (Hardi)