Peningkatan Keterampilan Masyarakat Kunci Menciptakan SDM Berkualitas

HARDI/BERITA SAMPIT - Legislator DPRD Kalteng Muhajirin.

PALANGKA RAYA – Legislator DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Muhajirin menyampaikan, pemerintah daerah (pemda) baik provinsi, kabupaten dan kota mesti mendukung peningkatan keterampilan masyarakat.

Ia menjelaskan, peningkatan keterampilan masyarakat merupakan kunci untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas serta pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan dan merata.

“Pemda harus berperan aktif dalam mendukung peningkatan keterampilan masyarakat, karena ini juga menjadi bagian aspirasi yang sering kali disampaikan kepada kita,” ucapnya, Sabtu 6 Januari 2024.

BACA JUGA:   Pemda Agar Dapat Tanggap Memberikan Perhatian Kepada Masyarakat Terdampak Banjir

Dia menjelaskan, meningkatkan keterampilan masyarakat sangat penting, hal ini bertujuan agar masyarakat mampu bersaing dalam dunia kerja maupun usaha yang semakin ketat.

Oleh karena itu, pemerintah harus berinvestasi dalam pendidikan dan pelatihan untuk memastikan bahwa masyarakat memiliki keterampilan yang diperlukan untuk bersaing di pasar kerja yang semakin kompetitif.

Dalam upaya itu tentu pemerintah juga harus bersinergi atau bekerja sama dengan pihak lainnya misal swasta yakni untuk menyediakan peluang pelatihan dan pendidikan bagi masyarakat.

BACA JUGA:   Apresiasi Penanganan Infrastruktur Jalan di Kalteng, Dewan Ingatkan Pemprov Titik Jalan Lainnya Juga Diperhatikan

“Pendidikan dan pelatihan merupakan investasi jangka panjang yang akan membayar dividen dalam bentuk pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan,” pungkasnya. (Hardi)