BMKG Iskandar Prediksikan Hujan Intensitas Tinggi di Kabupaten Lamandau

IST/BERITA SAMPIT : Tim BPBD Kabupaten Lamandau, TNI dan Polri saat peninjauan lokasi banjir di daerah Nanga Bulik.

NANGA BULIK – Badan Metrologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Iskandar, Kotawaringin Barat memprediksikan dalam sepekan ke depan untuk wilayah lamandau diprakirakan akan berpotensi hujan lebat.

Saat ini, potensi hujan sedang hingga lebat terjadi pada siang hari hingga malam hari dengan disertakan angin kencang dan petir.

“Dengan intensitas sedang hingga lebat pak pada tanggal 8 – 10 Januari dan disusul hujan dengan intensitas ringan hingga lebat pada tanggal 11-14 Januari,” kata Forecaster Stasiun Meteorologi Iskandar, Ibnu Ismantoro, Senin 8 Januari 2024.

BACA JUGA:   Anggota Babinsa Koramil 1017-01/Bulik Terima Bingkisan Lebaran dari Kasad

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamandau, melalui Sekertaris BPBD Kabupaten Lamandau, Joni Hardi mengatakan, dampak dari hujan dalam sepekan sendiri, sudah melakukan pemantauan di wilayah rawan bencana banjir.

“Sudah ada beberapa rumah yang terdampak, tim kita bersama TNI dan Polri terus melakukan pemantauan di wilayah rawan banjir,” ucapnya.

Joni menegaskan, untuk status di kabupaten Lamandau dari hasil pemantauan tim, katagori berdasarkan barometer tinggi air, maka masih dalam status siaga.

BACA JUGA:   Desa Mekar Mulya Raih Sertifikasi RSPO

“Karena status berdasarkan alat ukur tinggi air, di semua kecamatan masih belum status darurat,” tuturnya.

Berdasarkan pantauan tim dilapangan, Joni membeberkan untuk wilayah Kecamatan Bulik sendiri, sudah ada beberapa rumah yang terdampak dari hujan selama sepekan.

“Intensitas hujan yang cukup tinggi membuat sungai Samaliba menguap, satu rumah barakan terendam,” pungkasnya. (Andre)