Menciptakan SDM yang Berkualitas Diperlukan Upaya Lebih

Hardi/BERITA SAMPIT - Anggota Komisi III DPRD Kalteng Duwel Rawing

PALANGKA RAYA – Anggota Komisi III DPRD Kalteng Duwel Rawing menyampaikan, dalam rangka untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kualitas dan siap kerja melalui sektor pendidikan terutama Sekolah Menengah Kejuruaan (SMK) diperlukan upaya lebih.

Oleh karena itu, butuh keseriusan pemerintah dalam memperhatikan sektor pendidikan di Kalteng secara menyeluruh.

“Upaya itu yakni dengan meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai serta dilakukan secara merata, sebab selama ini ada banyak sekolah yang belum memiliki sarana memadai,” ucapnya, Kamis 11 Januari 2024.

BACA JUGA:   Penguatan Ketahanan Pangan Dapat Memberikan Dampak Positif

Seperti halnya selama ini dalam setiap kegiatan reses, ia telah banyak mengunjungi sekolah terutama SMK di wilayah Kalteng ini dan menemukan sarana yang ada kurang bahkan tidak memadai.

“Misalnya SMK pertanian, mereka hanya memiliki alat praktek satu unit hand traktor saja dan ada juga laboratorium yang sarananya kurang, ini memang harus benar-benar diperhatikan, karena sangat penting,” lugasnya.

BACA JUGA:   Anggota DPRD Kalteng Apresiasi Kepolisian Ungkap Kasus Pencurian Pecah Kaca Mobil

Ia menambahkan, alat praktek penting bagi SMK karena sekolah merulakan kejuruan yang memang harus lebih banyak praktek ketimbang teori. Dari kegiatan praktek itu merupakan modal bagi siswa kedepannya.

“Karena SMK ini kan untuk menyiapkan SDM siap kerja, jadi sarana mereka harus memadai dan ketika lulus harus benar-benar siap kerja. Ini yang kita minta kepada pemda supaya bisa serius dalam memenuhi sarana pendidikan itu,” tandasnya. (Hardi)