Pemkab Gunung Mas Kejar Target Laporan RPD Harus Rampung Akhir Januari 2024

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT - Asisten III Letus Guntur saat foto bersama usai kegiatan konsultasi publik.

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah menargetkan bahwa Rencana Pembangunan Daerah (RPD) tahun 2025-2026 harus selesai pada akhir Januari 2024.

“Kelola pemerintah yang baik maka dokumen yang berkualitas merupakan suatu hal tidak bisa ditawar lagi, untuk itu, sebagai arahan kita bersama, maka perlu saya sampaikan RPD kita paling lambat ditetapkan dengan Perkada pada akhir bulan Januari tahun 2024 ,”ungkap Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong melalui asisten III Letus Guntur belum lama ini.

Selain itu, pada Perencanaan strategis (Renstra) akan ditetapkan dengan Perkada paling lambat minggu ketiga bulan Februari tahun 2024 harus selesai. Selain itu pada penyelarasan program Kegiatan dan pendanaannya pada RPD dan Renstra dilakukan pada SIPD-RI.

BACA JUGA:   Penggunaan APBD Harus Efektif dan Berpihak ke Masyarakat

“hal ini menjadi dasar kita bersama dalam penyusunan perencanaan dan penganggaran tahun 2025, tanpa data input pada SIPD-RI maka kita tidak dapat menyusun Dokren dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2025 dan 2026,”tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas berkomitmen untuk meningkatkan pembangunan dan kualitas hidup masyarakat melalui rencana pembangunan daerah tahun 2025-2026.

“Penyusunan RKPD 2025 sudah kita mulai di SIPD-RI sejak awal bulan Desember 2023 dengan melakukan input dari perangkat daerah, desa, masyarakat maupun pokir dewan sebagai perumusan rancangan awal RKPD 2025,”bebernya.

BACA JUGA:   Pemkab Gunung Mas Gelar Bimtek Inovasi Daerah

Pada kesempatan itu juga, ia meminta partisipasi dari seluruh  perangkat daerah dan pemangku kepentingan yang ada di wilayah Kabupaten Gunung Mas untuk bersama-sama mewujudkan pembangunan yang berkeadilan dan berkelanjutan di Kabupaten Gunung Mas.

“Dengan pembangunan yang berkelanjutan dan terencana, akan memberikan dampak positif bagi masyarakat kita dan memberikan kesempatan yang lebih baik untuk masa depan,”tutupnya. (Ale)