Terkenal Lezat, Durian Katingan Jadi Buruan Pengunjung Berbagai Daerah

BITRO/BERITASAMPIT - Buah durian Katingan memiliki ciri khas tersendiri terkenal lezat dan menjadi buruan pengunjung dari luar daerah.

KASONGAN –Durian khas Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, akhir-akhir ini kerap menjadi buruan orang dari luar daerah, khususnya bagi para pecinta durian.

Setiap musim panen tiba, pedagang durian meraup keuntungan besar. Pasalnya, buah durian yang memiliki ciri khas tersendiri ini banyak diminati para pecinta durian dari berbagai wilayah seperti Sampit, Palangkaraya dan Banjarmasin.

Hery warga Katingan pedagang durian ini, menyebutkan bahwa dirinya dapat meraup untung besar dari menjual duriannya sendiri, banyak penikmat durian  yang sengaja mampir hanya untuk menikmati rasa durian khas Katingan ini.

“Banyak dikunjung dari berbagai wilayah, bukan cuma dari Katingan, ada yang dari Palangkaraya, Sampit, Banjarmasin maupun dari luar kalteng,”ungkap Hery kepada Berita Sampit, Selasa 16 Januari 2024.

BACA JUGA:   SMA Negeri 2 Kumai Bekali Siswa untuk Ikuti Olimpiade Sains Nasional

Selain itu Hery juga menjelaskan, bahwa ada beberapa daerah di Kabupaten Katingan yang dikenal sebagai penghasil durian tersebar di Kalteng. Tidak heran jika tiba musimnya, buah durian asal Katingan kerap menjadi buruan para penikmat buah yang satu ini.

“Oleh karena itu, kami dapat meraup keutungan dari hasil penjualan durian itu yang cukup menjanjikan untuk kebutuhan kami sehari-hari,” katanya.

Hery juga menyebut peminat  buah durian di Kalimantan Tengah ini cukup banyak. Pasalnya, tak sedikit penjual durian dari berbagai daerah datang ke Katingan.

BACA JUGA:   Kalteng Mampu Turunkan Prevalensi Stunting 3,4 persen, Wagub: Pernikahan Dini Salah Satu Penyebab Anak Stunting

“Terkenal kelezatan durian lokal sudah banyak diketahui orang luar daerah. Sehingga warga lebih menyukai dan memburu durian lokal. Sebab durian pinggir jalan itu banyak berasal dari Katingan,”ujarnya.

Menurutnya dari segi harga pun jauh lebih mahal durian lokal di bandingkan durian luar daerah. Karena ciri khas buah durian Katingan terkenal hingga keluar daerah.

“Penghasilan dari jual durian juga lumayan. Kami penjualannya nggak banyak. Hanya saat sudah matang, langsung kami jual. Jadi kami jualnya masak dari pohon. Makanya pecinta buah durian lokal nggak kecewa,” pungkasnya.

(Bitro)