Pj Bupati Serahkan Bantuan Rumah untuk Korban Bencana

IST/BERITASAMPIT - Penjabat Pj Bupati Seruyan Djainuddin Noor saat menyerahkan secara simbolis tiga bantuan rumah yang terdampak bencana, Kamis 18 Januari 2024.

KUALA PEMBUANG – Penjabat Pj Bupati Seruyan Djainuddin Noor serahkan secara simbolis tiga bantuan rumah yang terdampak bencana, Kamis 18 Januari 2024.

Dalam sambutanya Pj Bupati Seruyan menjelaskan bahwa pembangunan rumah bantuan jika dilakukan secara benar akan memberikan konstribusi langsung terhadap peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan.

“Hal tersebut disebabkan karena pembangunan perumahan dapat mendorong pertumbuhan wilayah dan ekonomi daerah, mendukung pembangunan sosial budaya serta memberikan efek terhadap sektor lain,” ujarnya.

Oleh karena itu, pembangunan rumah bantuan terdampak bencana ini harus sesuai dengan kebijakan, strategi dan program yang komprehensif dan terpadu sehingga selain mampu memenuhi hak dasar rakyat juga akan menghasilkan suatu lingkungan perumahan dan permukiman yang sehat, serasi, harmonis, aman dan nyaman.

BACA JUGA:   Pj Sekda Buka Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Seruyan Tahun 2025 dan Forum Gabungan Perangkat Daerah

“Program bantuan rumah yang terdampak bencana ini, selain dapat meringankan beban masyarakat juga memupuk rasa semangat gotong royong dilingkungan rumah yang mendapat bantuan,” katanya.

Adapun pada tahun 2023, Kabupaten Seruyan telah menyalurkan bantuan rumah terdampak bencana sebanyak 18 unit rumah, yang terdiri dari 12 pembangunan baru dan enam rehabilitasi rumah atau peningkatan kualitas.

BACA JUGA:   PWI Seruyan dan Insan Pers Buka Puasa Bersama Mitra Kerja

Pj Bupati Seruyan berharap dengan adanya bantuan ini semoga dapat meningkatkan kualitas rumah, sehingga jumlah rumah yang terdampak bencana di Kabupaten Seruyan dapat berkurang secara bertahap.

“Saya ucapkan selamat kepada penerima bantuan rumah terdampak bencana di Desa Persil Raya, Kecamatan Seruyan Hilir tahun anggaran 2023 atas nama Maskanah, Meah dan Budiansyah. Saya berharap kepada penerima bantuan agar memperhatikan kebijakan dan aturan yang berlaku dan Pemkab Seruyan siap membantu sesuai dengan kemampuan,” pungkasnya.