Sukamara Upayakan Tekan Inflasi Jelang Ramadan

ENN/BERITA SAMPIT - Penjabat Bupati Sukamara Kaspinor bersama Forkopimda saat panen bawang merah perdana di Desa Pudu.

SUKAMARA – Penjabat Bupati Sukamara Kaspinor mengatakan bahwa sebentar lagi akan menghadapi bulan Ramadan 1445 Hijriah dimana pada saat itu akan diikuti dengan kenaikan harga-harga kebutuhan pokok yang menyebabkan naiknya angka inflasi daerah.

“Sebentar lagi kita menghadapi bulan Ramadan biasanya saat itu harga-harga mulai merangkak naik jangan sampai kenaikan harga-harga komunitas pertanian dan bahan lainnya menyebabkan kenaikan angka inflasi,” kata Kaspinor saat panen perdana bawang merah milik Poktan Karya Rukun Bersama Desa Pudu, Kecamatan Sukamara, Senin 22 Januari 2024.

Kaspinor mengintruksikan kepada perangkat daerah terkait untuk terus memantau harga-harga dan ketersediaan barang bahan kebutuhan pokok di pasaran.

BACA JUGA:   Pertumbuhan Ekonomi Sukamara pada 2023 Sebesar 5,64 Persen

“Pastikan tidak ada yang melakukan penimbunan hingga mengakibatkan kelangkaan dan berdampak pada kenaikan harga yang membuat resah,” tegas Kaspinor.

“Dan pastikan juga produksi hasil pertanian mencukupi untuk kebutuhan masyarakat Sukamara selain itu pasifkan gerakan tanam cepat panen di Sukamara,” lanjutnya.

Berdasarkan PMK No.101/PMK.010/2021 tanggal 28 Juli 2021 tentang inflasi tahun 2022, sasaran inflasi ditetapkan oleh pemerintah untuk 3 tahun ke depan yaitu periode 2022-2024, masing-masing sebesar 3,0 persen, 3,0 persen, dan 2,5 persen  dengan deviasi masing-masing ± 1 persen.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Salurkan Bansos CPP dan BLT-DD di Kecamatan Pantai Lunci

“Saat ini berdasarkan data BPS per Desember 2023 untuk 90 kota di Kalimantan Tengah untuk Kabupaten Kotim angka inflasi sebesar 0,27 dan kota Palangkaraya sebesar 0,31,” kata Kaspinor.

“Sehingga kita berasumsi sementara untuk Kabupaten Sukamara angka inflasinya berkisar tidak jauh dari angka-angka tersebut,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Kaspinor mengucapkan terimakasih kepada tim pengendali inflasi daerah dan berbagai pihak yang turut membantu dan bekerja dengan semangat dalam rangka pengendalian inflasi di Sukamara. (enn)