SOPD Diminta Optimalkan Penggunaan SPBD untuk Mendukung Produktivitas Kerja

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT-  Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas Nomi Aprilia.

KUALA KURUN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas Nomi Aprilia mengajak semua Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) yang ada di lingkup pemerintah daerah setempat untuk lebih efektif dan efisien dalam menggunakan Sistem Penerimaan dan Belanja Daerah (SPBD). Prinsip disiplin dan efektif harus diterapkan secara disiplin untuk mencapai produktivitas kerja yang optimal.

“Saya berharap kepada SOPD untuk memperhatikan program prioritas/skala prioritas dalam menyusun Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) untuk mencapai Sistem Pelayanan Minimal (SPM). Hal ini menjadi sangat penting mengingat tidak hanya perlunya meningkatkan kinerja, namun juga mengantisipasi perubahan yang akan terjadi di masa depan,” ungkap Nomi Aprilia, Senin 5 Februari 2024.

Lebih lanjut dikatakannya, penggunaan sistem penerimaan dan belanja daerah akan membantu SOPD dalam merencanakan dan mengatur anggaran dengan lebih efektif dan efisien. Hal ini juga akan membantu mengoptimalkan produktivitas kerja dan meningkatkan kinerja SOPD.

BACA JUGA:   Dewan Tegaskan Penting Terus Pantau Kondisi Anak Melalui Posyandu

“Dengan mengikuti prinsip disiplin dan efektif, semua satuan organisasi perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung mas akan dapat memberikan pelayanan publik yang lebih baik dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah,” tuturnya.

Legislator dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP) ini menyebutkan, kedisiplinan dalam menggunakan sistem penerimaan dan belanja daerah menjadi sangat penting. Dengan melakukan pengawasan yang ketat, SOPD akan dapat menjamin penggunaan anggaran dengan tepat sasaran.

“Kami meminta kepada kepala SOPD yang ada di lingkup Pemkab Gunung Mas harus memastikan efisiensi dalam penggunaan anggaran sehingga mampu memberikan hasil yang optimal dengan biaya yang lebih murah,” bebernya.

BACA JUGA:   Dewan: Perbaikan Infrastruktur di Dapil III Perlu Perhatikan Pemkab Gunung Mas

Untuk menjamin penggunaan sistem penerimaan dan belanja daerah yang efektif kata dia, SOPD perlu memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memadai dalam menggunakannya. Dimana setiap SOPD harus mengikuti pelatihan dan peningkatan keterampilan secara teratur agar dapat menggunakan sistem secara efektif.

“Memanfaatkan sistem penerimaan dan belanja daerah secara efektif dan efisien dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kinerja SOPD. Dengan menerapkan prinsip disiplin dan efektif secara ketat, SOPD dapat memberikan pelayanan publik yang lebih baik dan memperoleh kepercayaan masyarakat yang lebih besar,” tutup Nomi Aprilia. (Ale)