Bawaslu Kotim Gelar Pelatihan Para Saksi Pemilu 2024

NARDI/ BERITA SAMPIT- Suasana kegiatan Bawaslu Kotim pelatihan saksi pemilu 2024.

SAMPIT – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar pelatihan saksi dari perwakilan peserta Pemilu, Selasa 6 Februari 2024, di salah satu Hotel di Sampit.

Ketua Bawaslu Kotim Muhammad Natsir menyampaikan kegiatan pelatihan sesuai amanat undang-undang bahwa Bawaslu wajib melaksanakan pelatihan untuk para saksi dari peserta Pemilu 2024.

Peserta pelatihan adalah saksi dari perwakilan 16 partai politik, saksi tiap calon DPD dan saksi Calon Presiden dan Wakil Presiden.

BACA JUGA:   PT Sampit International Akan Dipanggil Disnakertrans Kotim Buntut Tunggakan Gaji Karyawan

“Untuk hari ini peserta pelatihan daerah pemilihan (Dapil) 1, 2, dan 5, sedangkan besok dapil 3, dan 4,” kata Natsir.

Saksi bertugas mengawasi jalannya pemungutan suara, agar tidak hanya petugas TPS saja yang mengawasi namun peserta pemilu juga ikut berpartisipasi melakukan pengawasan.

“Harapannya bisa pemungutan suara yang berkualitas dengan adanya tambahan pengawasan dari peserta pemilu, maka diharapkan meminimalisir kecurangan,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Sampaikan Lima Prioritas Pembangunan dalam Musrenbang RKPD 2025

Narasumber pelatihan yaitu dari mantan Bawaslu Katingan, Tenaga Akhi Bawaslu RI, Komisioner KPU Kotim, internal Bawaslu Kotim, materi yang disampaikan seputar pengawasan, teknis bagaimana persiapan, kemudian proses pemungutan hingga perhitungan suara. (Nardi)