Jelang Pemilu 2024, Polres Katingan Gelar Apel Pasukan Kesiapan Pemungutan Suara di TPS

BITRO/BERITASAMPIT - Kapolres Katingan melaksanakan pemasangkan rompi secara simbolis di Halaman Mapolres Katingan pada Rabu Februari 2024.

KASONGAN – Menjelang Pemilu 2024 Polres Katingan menggelar apel pasukan kesiapan pemungutan suara di TPS dalam rangka Operasi Mantap Brata Telabang di wilayah Kabupaten Katingan, di Halaman Mapolres Katingan, Rabu 7 Februari 2024.

Kapolres Katingan AKBP I Gede Putu Widyanan menyampaikan kegiatan ini bentuk kesiapan Polri khususnya Polres Katingan dan didukung oleh TNI dan Linmas dalam memberikan rasa aman kepada pada masyarakat yang akan memberikan hak pilihnya, pada pemilihan umum 2024. serta menjamin pelaksanaan pesta demokasi dapat berjalan dengan aman, tertib, sejuk dan damai.

Lanjutnya proses pergantingan pimpinan yang tertinggi negara Republik Indonesia dan pemilihan wakil rakyat yang terdiri dari DPD-RI, DPR-RI, DPRD provinsi, dan kabupaten/kota melalui media pemilu memiliki tujuan utama dari proses tersebut.

BACA JUGA:   Sakariyas Pastikan Siap Kembali Bertarung di Pilkada Katingan

“Terciptanya hidup damai dan saling menghargai di atas perbedaan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia, oleh karena itu Polri mengajak elemen masyarakat untuk optimis dan mewujutldkan pemilihan umum damai dan demokratif di Kabupaten Katingan,” ungkapnya.

Salain itu, dia juga menyebut bahwa akan menghadapi pemilu yang akan digelar pada Rabu 14 Februari 2024 mendatang, dimana ada 520 TPS dan tersebar di 13 kecamatan, tujuh kelurahan dan 154 desa Kabupaten Katingan.

”Daftar pemilih tetap (DPT) 124384 pemilih perlu kita cermati pada pelaksaan pemilu tahun 2024 terdapat berbagai potensi kerawanan yang mendapatkan perhatian serius untuk di antisipasi saat ini agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata yang dapat menghambat penyelenggaraan pemilu,” ungkapnya.

Sementara itu dia juga mengungkapkan bahwa berbagai macam potensi kerawan tersebut dapat terjadi dalam setiap tahapan yang berupa pelanggaran tindak pidana pemilu utamanya perlu diwaspadai saat dalam pemungutan suara di TPS.

BACA JUGA:   Satlantas Polres Katingan Gelar Operasi Keselamatan Telabang 2024 dengan Cara Unik

“Terkait dengan tidak pidana pemilu Polri berkerja sama dengan kejaksaan dan Bawaslu diharapkan dapat mengoptimalkan peran sehingga dapat menyelesaikan dengan cepat dan tuntas setiap pelanggaran pemilu yang terjadi,” ucapnya.

Selanjutnya dia menyampaikan dalam rangka menjaminkan kelancaran pelaksanaan tahap pemungutan suara pada pemilu Rabu 14 Februari 2024 mendatang.

“Polres Katingan melibatkan sebanyak 222 personel Polri dan didukung 70 personel Kodim 1019 Katingan serta 1040 anggota Linmas yang di tempatkan di setiap TPS, saya harapkan proses di pemungutan suara dapat berjalan dengan aman, lancer, tertib dan damai,” pungkasnya.

(Bitro)