Masyarakat Harus Bisa Pastikan Pilihannya Jika Terpilih Bisa Berkontribusi Secara Positif

IST/BERITASAMPIT - Sekretaris Umum IPMK Palangka Raya, Irgi R Iswanto.

PALANGKA RAYA – Masa tenang jelang Pemilu 2024, masyarakat Kotawaringin Timur (Kotim) diimbau memanfaatkan waktu-waktu yang tersisa untuk merenung, memastikan agar pilihannya bisa menjadi sumbangsih positif untuk Kotawaringin Timur yang lebih baik.

“Paling tidak dalam lima tahun ke depan lewat kepemimpinan nasional yang dihasilkan pemilu presiden dan pemilu legislatif 2024,” kata aktivis di Kalteng ini Irgi R Iswanto.

Salah satu mahasiswa di Kalteng Irgi R Iswanto menegaskan, tuhan selalu menyiapkan momentum bagi siapa saja untuk berbenah.

“Memperbaiki yang belum sesuai dengan amanat konstitusi. Bahkan, lewat pemilu kita bisa menaikkan derajat semangat persaudaraan. Semangat ini bisa dijadikan tonggak bagi terciptanya pemilu yang aman dan damai,” katanya.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Buka Pasar Ramadan di Mentaya Hulu

Sekretaris Umum IPMK Palangka Raya mengingatkan bahwa Pemilu 2024 tinggal menghitung hari. Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Pemilu merupakan momentum penting yang menentukan masa depan bangsa Indonesia lima tahun mendatang. Oleh sebab itu, ujar dia, menyukseskan pemilu bukan hanya menjadi tanggung jawab segelintir orang, tetapi sudah menjadi kewajiban bagi seluruh warga negara Indonesia.

Pemilu merupakan momentum yang sangat penting bagi rakyat Indonesia karena dengan adanya pemilu masyarakat memiliki kesempatan untuk memilih pemimpin negara secara sah. Keterlibatan masyarakat dalam pemilu merupakan faktor penting dalam keberlangsungan demokrasi.

BACA JUGA:   Ciri-ciri Korban Tenggelam di Desa Luwuk Bunter Diketahui Asal Daerah Timur

“Oleh karena itu, masyarakat Kotawaringin Timur wajib menggunakan hak pilih dengan baik dan benar agar menjadi langkah awal kita menuju yang lebih baik. Perbedaan pilihan adalah hal wajar dalam dinamika demokrasi, perbedaan bukan sebagai alasan untuk melahirkan perpecahan. Oleh sebab itu, sikap damai dan toleran harus terbangun dalam diri setiap warga negara, terkhusus masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur,” tandasnya.

Irgi R iswanto mengatakan bahwa nilai-nilai kemanusiaan dan persaudaraan harus menjadi tonggak utama dalam pelaksaan pemilu guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Salah satu nilai kemanusian dan persaudaraan adalah tidak mengintimidasi orang lain.

“Berilah rasa nyaman pada orang lain,” tandasnya.

(Naco)