Dewan Imbau Masyarakat Agar Waspada Terhadap Banjir di Katingan

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD katingan Rudi Hartono.

KASONGAN–Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, mengimbau kepada seluruh masyarakat Katingan agar waspada terhadap banjir, pasalnya saat ini di wilayah Katingan sudah memasuki musim penghujan.

Anggota DPRD Katingan Rudi Hartono menyampaikan, dirinya menginginkan agar bencana banjir ini perlu diantisipasi dan menghindari resiko timbulnya bencana banjir beserta beberapa dampak terburuk lainnya jika banjir terjadi di daerah kita ini. Intinya, potensi bencana banjir harus menjadi peringatan bagi semua, agar kita tetap waspada dan siap siaga.

“Seiring dengan intensitas curah hujan yang tinggi yang bakal terjadi di bulan Februari,” ungkap Rudi.

Selain itu kata Rudi, di Katingan sendiri sudah pernah beberapa kali mengalami bencana banjir, terutama di daerah yang datarannya rendah dan dekat sungai.

BACA JUGA:   Kasus Pencurian Sarang Burung Walet di Katingan Berakhir Damai

“Ketika Daerah Aliran Sungai (DAS) Katingan tidak mampu untuk menampung air hujan, tentu saja air yang ada di dalam DAS Katingan tersebut meluap ke atas jalan, dengan ketinggian yang bervariasi,” katanya.

Menurutnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan melalui Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) setempat agar mempersiapkan semua personelnya beserta sarana dan prasarananya untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat setempat, jika terjadi banjir.

“Tidak hanya masyarakat di wilayah hulu saja, tapi di masing-masing wilayah kecamatan,” harapnya.

BACA JUGA:   Penyuluh Agama dan Anggota Asosiasi Keagamaan Diharapkan Mampu Jalankan Tugas

Karena, meskipun daerah banjir biasanya diawali dari wilayah hulu, namun di bagian tengah hingga di bagian hilir menurutnya, juga ikut terkena imbasnya. Pasalnya, air yang ada di DAS Katingan selalu mengalir dari hulu ke hilir. Artinya, jika di wilayah hulu mengalami bencana banjir, maka di wilayah hilir juga terkena imbasnya juga.

Oleh karena itu, lanjutnya, pihak BPBD dan instansi terkait lainnya juga ikut siap dan siaga untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat yang daerahnya terkena banjir. ” Yang dilengkapi berbagai fasilitas dan sarpras yang sudah tersedia,” pungkasnya.

(Bitro)