Sosialisasikan Makan Ikan, Dinas Kelautan Sukamara Gelar Gemarikan untuk Anak-anak PAUD

ENN/BERITASAMPIT - Kegiatan Gemarikan yang digelar di Dinas Perikanan Kabupaten Sukamara.

SUKAMARA – Dinas Perikanan Kabupaten Sukamara menggelar kegiatan Gerakan Masyarakat Gemar Makan Ikan atau Gamarikan yang di fokuskan kepada anak-anak usai PAUD yang dilaksanakan di Gedung Kesenian Daerah pada Senin 19 Februari 2024.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukamara, Fandedi mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun sebagai upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat Sukamara.

BACA JUGA:   Pertumbuhan Ekonomi Sukamara pada 2023 Sebesar 5,64 Persen

“Kegiatan ini tujuannya untuk membudayakan masyarakat untuk makanan ikan terutama anak-anak selain bergizi makan ikan juga bisa membebaskan dari stunting,” terang Fandedi.

Fandedi menerangkan jika Kabupaten Sukamara memiliki garis pantai 77,48 kilometer dan panjang sungai kurang lebih 200 kilo DAS Jelai dan DAS Mapam seharusnya masyarakat Sukamara memiliki budaya dan gemar makan ikan.

“Dengan potensi ikan-ikan sungai dan laut itu yang kami gencarkan agar ibu-ibu dapat mengolah berbagai jenis makanan dari ikan,” jelas Fandedi.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Terus Upayakan Kepastian Hukum Aset Masyarakat dalam Kawasan Hutan

“Khususnya makanan yang disukai anak-anak bisa bervariasi makanan dioleh dengan bahan dasar ikan,” lanjutnya.

Kegiatan masyarakat gemar makan ikan juga dilaksanakan hingga ke kecamatan yang menyasar ibu-ibu rumah tangga yang memiliki anak usia sekolah agar dapat memberikan berbagai variasi olahan makanan berbahan dasar ikan. (enn)