Mukhtarudin Dorong Pemerintah Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca dari Sektor Sampah

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin

JAKARTA– Anggota DPR RI Mukhtarudin mengatakan bahwa pemerintah agar serius dan fokus dalam persiapan Indonesia dalam menghadapi International Legally Binding Instrument on plastic pollution.

Mukhtarudin mengatakan hal itu dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional/HPSN yang telah menjadi agenda tahunan tiap tanggal 21 Februari. Adapun Tahun 2024, HSPN bertemakan “Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif.”

“Artinya agenda tahunan ini merupakan salah satu target untuk mewujudkan penyelesaian polusi plastik di Indonesia,” tandas Mukhtarudin, Kamis 22 Februari 2024.

BACA JUGA:   Teras Narang: Perubahan atas Undang-undang Paten merupakan Keniscayaan

Anggota Komisi VII DPR RI ini juga mendorong agar pemerintah dapat terus berupaya dalam memenuhi target nasional untuk menurunkan emisi gas rumah kaca dari sektor limbah dan sampah.

“Serta memperkuat pengelolaan sampah di Indonesia,” beber Mukhtarudin.

Kendati demikian, politisi Golkar Dapil Kalimantan Tengah ini bilang semua pihak stakeholder terkait untuk mengelola sampah secara sirkular dan saling mendukung memberikan manfaat dari interaksi yang aktif.

BACA JUGA:   Pembangunan Pendidikan Penting Guna Optimalkan Bonus Demografi

Dikarenakan, lanjut Mukhtarudin, pengelolaan sampah berkelanjutan dapat berdampak peningkatan ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup sekitar.

DPR RI, kata Mukhtarudin, dalam hal ini tentu mendukung langkah-langkah pemerintah dalam mengatasi polusi plastik dengan cara produktif.

“Mengingat persoalan sampah plastik hingga saat ini masih menjadi persoalan yang serius baik di ranah nasional maupun internasional,” pungkas Mukhtarudin.

(adista)