Pengembangan Potensi Sektor Peternakan Perlu Dimaksimalkan

HARDI/BERITA SAMPIT - Legislator DPRD Kalteng Natalia.

PALANGKA RAYA – Legislator DPRD Kalimantan Tengah, Natalia menyampaikan bahwa pengembangan sektor peternakan di Kalteng perlu dimaksimalkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) baik provinsi, kabupaten dan kota.

Ia menjelaskan, sektor pertanian, peternakan juga perlu diperhatikan dari segi pengembangannya, sebab ia menilai wilayah Kalteng ini memiliki potensi besar untuk mengembangkan sektor peternakan.

“Pengembangan sektor peternakan sangat penting untuk diversifikasi ekonomi, dan juga untuk memenuhi kebutuhan daerah yang selama ini sebagian masih bergantung dengan provinsi luar,” ucapnya, Jumat 23 Februari 2024.

BACA JUGA:   Anggota DPRD Kalteng Apresiasi Kepolisian Ungkap Kasus Pencurian Pecah Kaca Mobil

Menurut Dia, sektor peternakan memiliki potensi untuk dikembangkan, sebab dengan sumber daya alam (SDA) yang melimpah, ke depan Kalteng diharapkan bisa menjadi pusat produksi peternakan yang mampu memenuhi kebutuhan pasar lokal maupun nasional.

“Pemerintah Daerah (Pemda) perlu memanfaatkan potensi tersebut dengan baik misalnya mengembangkan peternakan sapi, dan pemda juga perlu bekerja sama dengan peternak serta stakeholder terkait lain untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi sektor ini,” jelasnya.

BACA JUGA:   Pentingnya Investasi Memberikan Dampak Positif Bagi Masyarakat

Selain itu, ia menekankan pentingnya peningkatan kapasitas peternak melalui pelatihan dan pendidikan. Dirinya berpendapat bahwa dengan pengetahuan dan keterampilan yang tepat, peternak dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas produk peternakan.

“Dengan peningkatan kapasitas peternak, kita percaya bahwa sektor peternakan di Kalteng dapat berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi ekonomi serta pemenuhan kebutuhan daerah,” pungkasnya. (Hardi)