FKPT Kalteng Raih Juara II Parade Busana Adat BNPT

IST/BERITA SAMPIT - Jajaran Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Kalimantan Tengah

PALANGKA RAYA – Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Kalimantan Tengah meraih juara II dalam parade busana adat Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Parade busana adat sendiri digelar untuk memeriahkan gelaran Rapat Kerja Nasional (Rakernas) FKPT yang berlangsung di Jakarta, 19-22 Februari 2024.

Parade busana adat dilangsung saat penutupan kegiatan yang dihadiri Deputi Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikaliasi BNPT Mayjend Roedy Widodo. Roedy Widodo sendiri langsung bertindak sebagai dewan juri bersama Kepala Sub Bidang Pemberdayaan Masyarakat Kolonel Sus Haryanto.

FKPT Kalteng dalam peragaan busana diwakili Ketua Bidang Perempuan dan Anak Deleli D Astuti. Busana yang diperagakan merupakan pakaian adat Dayak Kalteng. Bak seorang model yang bergaya di Catwalk, Deleli mampu memikat Dewan Juri, sehingga mampu meraih juara II nasional.

Terkait hal itu, Deputi Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikaliasi BNPT Mayjend Roedy Widodo mengungkapkan, parade budaya yang dilaksanakan menunjukkan Indonesia merupakan bangsa yang mempunyai ragam budaya. Hal itu yang hingga sekarang membuat Indonesia menjadi bangsa kuat. Tidak mudah dijatuhkan, karena komitmen persatuan antar budaya yang sangat kokoh.

BACA JUGA:   H Nadalsyah Siap Calonkan Diri sebagai Gubernur, Partai Demokrat Kalteng Akan Lakukan Konsolidasi ke Seluruh Kabupaten

“Dari parade busana adat kita bisa lihat keanekaragaman adat dan budaya. Itu yang mempersatukan Indonesia, sehingga menjadi bangsa yang kuat,” ucapnya.

Ia menjelaskan, rakernas sendiri digelar untuk menyusun program kerja pemberdayaan masyarakat dalam upaya pencegahan terorisme di 34 provinsi. Seluruh bidang yang dimiliki FKPT sudah menyusun penjadwalan kegiatan pencegahan terorisme yang melibatkan masyarakat.

Meski agenda rutin, jelas Roedy, rakernas mampu menelurkan ide-ide dalam upaya pencegahan terorisme di seluruh provinsi di Indonesia yang memiliki keberagaman adat dan budaya. Ide-ide yang lahir tentunya akan semakin membuat FKPT memiliki peranan strategis sebagai kepanjangan tangan BNPT di daerah.

BACA JUGA:   Pasar Murah Kalteng, Patok Harga Beras 10 Kg Cukup Bayar Rp20.000

“Saya berterima kasih kepada seluruh peserta yang telah meluangkan waktu untuk mengikuti rakernas. Kita semua harus bersatu untuk melakukan pencegahan terorisme, khususnya melalui program pemberdayaan masyarakat,” lugasnya.

Sementara itu, Ketua FKPT Kalteng Prof Dr Khairil Anwar M.Ag mengungkapkan rasa syukur, karena Kalteng berhasil meraih juara II dalam parade busana adat. Itu menunjukkan adat dan budaya Kalteng sangat unik. Dalam parade busana adat, Kalteng menampilkan pakaian adat Dayak.

“Saya berterima kasih kepada Deleli atas keikhlasan, kesediaan, dan perjuangannya, sehingga mampu mengharumkan nama Kalteng di lingkungan BNPT. Terima kasih kepada seluruh pengurus yang terus melakukan kerja sama dengan baik. Semoga FKPT kedepan lebih baik, dan dikenal masyarakat,” pungkasnya. (Hardi)